PERAN CONTENT WRITER DALAM PERENCANAAN STRATEGI KAMPANYE IKLAN SOCIAL MEDIA DI PT. IDEA IMAJI PERSADA

Avriliya, Avriliya (2017) PERAN CONTENT WRITER DALAM PERENCANAAN STRATEGI KAMPANYE IKLAN SOCIAL MEDIA DI PT. IDEA IMAJI PERSADA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (667Kb)

    Abstract

    Perkembangan media digital yang pesat turut memberikan andil dalam pertumbuhan dunia periklanan. Merambahnya dunia periklanan dalam media sosial membuat kampanye iklan lebih lengkap, dimana saat ini audiens juga mengakses internet kemanapun dan dimanapun mereka berada. Strategi kampanye iklan media sosial yang baik harus diselaraskan dengan konten yang baik pula. Dengan begitu audiens akan terpapar pesan iklan yang disampaikan dalam kampanye iklan tersebut. Penulis melakukan praktik kerja sebagai content writer atau content intern di PT. Idea Imaji Persada Bandung sebagai tempat melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM). Penulis memilih posisi sebagai content writer karena mempunyai peran yang sangat penting dalam membuat suatu kampanye iklan, sebab dilihat dari tujuan beriklan itu sendiri yaitu menyampaikan pesan maka disini content writer harus menciptakan pesan yang menarik. Dalam pelaksanaan KKM, penulis mendapatkan tugas membuat sebuah Editorial Plan (EP) untuk produk Paseo, Relaxa, dan PT. Idea Imaji Persada. Dalam EP tersebut penulis harus merangkai kata-kata yang menarik dan mengaitkannya dengan tren, isu, berita kekinian. Selama menjalani KKM penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang content writer dituntut untuk dapat mengeluarkan ide yang kreatif, memiliki wawasan yang luas, agar dapat memberikan konsep menarik pula pada konten iklan, serta seorang content writer harus sering membaca untuk menemukan gaya bahasa yang baru untuk dipergunakan di dalam sebuah konten iklan. Selain itu penulis juga mengetahui bahwa, dalam pembuatan sebuah konsep ide cerita pada naskah iklan, ide tersebut tidak dapat langsung diterima oleh klien, tetapi akan mendapatkan revisi bekali-kali untuk dapat diterima oleh klien.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 02 Nov 2017 19:04
    Last Modified: 02 Nov 2017 19:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35886

    Actions (login required)

    View Item