Implementasi Pendekatan Active Learning Berbantuan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

awidasworo, asti (2017) Implementasi Pendekatan Active Learning Berbantuan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (596Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Asti Awidasworo. K7113034. IMPLEMENTASI PENDEKATAN ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk untuk: (1) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa dengan menggunakan pendekatan Active Learning berbantuan media Flash Cards, (2) untuk mendiskripsikan cara saya menerapkan pendekatan Active Learning berbantuan media Flash Card untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai sumber data yaitu siswa dan guru kelas V, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa implementasi Active Learning berbantuan media Flash Cards dapat meningkatkan keterampilan memabaca aksara Jawa. Hasil peelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pada siklus I pembelajaran sudah berjalan efektif namut persentasi ketuntasan belum mencapai target kinerja yang ditetapkan, (2) hasil pembelajaran siklus I meningkat dari hasil pre-test yang dilakukan sebelumnya. Pada pre-test nilai rata-rata ketuntasan klasikal yang diperoleh hanya sebesar 62,54, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata klasikal siswa mencapai 79,84, (3) hasil pembelajaran pada siklus II terus meningkat, nilai rata-rata klasikal pada siklus II sebesar 86,56.,(4) skor kinerja guru dan aktivitas siswa juga mengalami kenaikan yang sangat signifikan, skor kinerja guru meningkat menjadi 3,78 dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa meningkat menjadi 4, 27 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan active learning berbantuan media flash cards dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V Sekolah Dasar Kata Kunci: Active Learning, media Flash Cards, keterampilan membaca aksara Jawa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 02 Nov 2017 01:35
    Last Modified: 02 Nov 2017 01:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35883

    Actions (login required)

    View Item