STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRANDING RUMAH SAKIT TELOGOREJO MENJADI SEMARANG MEDICAL CENTRE

prapti, andira (2017) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRANDING RUMAH SAKIT TELOGOREJO MENJADI SEMARANG MEDICAL CENTRE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (538Kb)

    Abstract

    Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin berkembang saat ini membawa pengaruh yang besar dalam segala bidang, salah satunya dalam bidang komunikasi. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan sumber daya berkualitas yang memiliki kemampuan memadai dalam menghadapi perkembangan di bidang komunikasi yang semakin pesat. Hal inilah yang kemudian menjadi tugas seorang Public Relations Officer dalam sebuah perusahaan. Keberadaan Humas di Instansi atau Perusahaan merupakan keharusan, baik secara fungsional maupun operasional yang mampu bertindak sebagai public information, public affair dan public communication dalam upaya penyebarluasan atau mempublikasikan tentang kegiatan dan program pembangunan pada instansi yang bersangkutan, baik ditujukan kepada publik internal maupun eksternal. Seperti halnya pada public relations ( Humas ) SMC RS. Telogorejo Semarang.. Pada kenyataanya nama RS Telogorejo sendiri telah mengalami perubahan brand menjadi Semarang Medical Centre. Hal ini dilatarbelakangi karena RS Telogorejo ingin menjadi pusat kesehatan di kota Semarang. Sedangkan brand RS Telogorejo sebenarnya telah melekat di benak target audiens-nya. Tanpa melakukan perubahan brand, RS Telogorejo telah menjadi rumah sakit swasta nomor satu di kota Semarang dilihat dari jumlah kunjungan yang meningkat dari tahun 2009-2011. Dengan perubahan brand ini, menimbulkan pekerjaan tersendiri bagi humas RS Telogorejo karena membutuhkan strategi khusus yang diimplementasikan melalui tahapan strategik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam rangka membangun brand Semarang Medical Center di benak target audiens, dan stakeholder internal maupun eksternal. Perubahan nama menjadi SMC RS Telogorejo ini, memiliki arti bahwa RS Telogorejo telah berubah menjadi Rumah Sakit bertaraf International. Untuk membuktikan kepada masyarakat tentang kemajuannya, RS Telogorejo memberikan bentuk nyata perubahannya yakni, berupa adanya perubahan gedung lama menjadi gedung baru serta beberapa fasilitas-fasilitas pelayanan medis yang telah diperbaharui.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 02 Nov 2017 00:55
    Last Modified: 02 Nov 2017 00:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35874

    Actions (login required)

    View Item