Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Media Google Earth Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Kelas X 6 SMA N 2 Boyolali ( Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi )

angga , agus (2017) Penggunaan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Media Google Earth Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Kelas X 6 SMA N 2 Boyolali ( Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (826Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agus Angga Kusuma (K5410006) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA N 2 BOYOLALI (Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan “Menganalisis Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi”). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Mei. 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan minat belajar geografi peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran two stay two stray dengan media google earth pada materi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar geografi peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran two stay two stray dengan media google earth pada materi menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan metode pembelajaran two stay two stray dengan media google earth pada materi hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi terbukti dapat meningkatkan minat belajar geografi peserta didik kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali pada siklus I menunjukan 71,90% memiliki minat belajar geografi tinggi, sementara pada siklus II meningkat menjadi 78,10% peserta didik memiliki minat belajar geografi tinggi. (2) penggunaan metode pembelajaran two stay two stray dengan media google earth pada materi hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali pada siklus I menunjukan 75,00% tuntas KKM, sementara pada siklus II meningkat menjadi 84,40% peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM. Simpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan minat dan hasil belajar geografi melalui penerapan metode pembelajaran two stay two stray dengan media google earth pada peserta didik kelas X 6 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Google Earth, Minat Belajar, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 02 Nov 2017 00:39
    Last Modified: 02 Nov 2017 00:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35870

    Actions (login required)

    View Item