PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Miftakhul J, Arini (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (440Kb)

    Abstract

    Arini Miftakhul Jannah. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit; (2) prestasi belajar siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu parencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Data penelitian dikumpulkan dari wawancara, observasi, kajian dokumen, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa pada larutan elektrolit dan non-elektrolit. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase aktivitas belajar siswa siklus 1 67% menjadi 80% pada siklus 2; (2) prestasi belajar siswa pada larutan elektrolit dan non-elektrolit, peningkatan aspek pengetahuan meningkat dari 53% pada siklus 1 menjadi 77% pada siklus 2, persentase aspek sikap pada siklus 1 adalah 97% dan persentase aspek keterampilan pada siklus 1 adalah 100%. Kata Kunci: Project Based Learning, aktivitas belajar, prestasi belajar, larutan elektrolit dan non-elektrolit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 01 Nov 2017 14:43
    Last Modified: 01 Nov 2017 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35859

    Actions (login required)

    View Item