OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SMEDDS (SELF-MICROEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) EKSTRAK KLOROFORM DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN FASE MINYAK KEMIRI

Saefanan S, Aprilia (2017) OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SMEDDS (SELF-MICROEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) EKSTRAK KLOROFORM DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) DENGAN FASE MINYAK KEMIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (387Kb)

    Abstract

    Daun sirsak telah terbukti memiliki berbagai aktivitas biologis sebagai antioksidan, antikanker, dan antitumor. Penggunaan ekstrak daun sirsak sebagai obat herbal memiliki kekurangan diantaranya diperlukan dosis yang besar dan bioavailabilitas yang rendah karena sifat lipofiliknya. Ekstrak kloroform daun sirsak telah diketahui memiliki aktivitas penghambatan pertumbuhan sel kanker Hela. Self-Microemulsifying Drug Delivery System (SMEDDS), terkenal sebagai strategi alternatif untuk penghantaran obat hidrofobik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komposisi formula optimal tween 80-croduret, propilenglikol, dan minyak kemiri pada SMEDDS ekstrak kloroform daun sirsak dan kriterianya sebagai sediaan mikroemulsi. Optimasi formula mikroemulsi menggunakan metode Simplex Lattice Design (SLD) didapatkan 14 formula. Uji karakteristik mikroemulsi dilakukan dengan mengukur parameter fase pemisahan menggunakan sentrifugasi, persen transmitan menggunakan spektrofotometer UV-VIS, dan waktu emulsifikasi menggunakan media Artificial Gastric Fluid (AGF). Berdasarkan hasil uji parameter fisik dari keempat belas formula tersebut diperoleh komposisi formula optimal minyak kemiri 15%, surfaktan 61%, dan co-surfaktan 24% menghasilkan respon fase pemisahan sebesar 0,99±SE0,004; persen transmitan 41,14±SE3,781%; dan waktu emulsifikasi 119,0±SE2,082 detik dengan nilai prediksi fase pemisahan sebesar 0,9899; persen transmitan 55%; dan waktu emulsifikasi 119,586 detik. Hasil uji parameter fisik formula optimal dibandingkan dengan nilai prediksi software State Ease Design Expert 9 trial yang dianalisis statistik menggunakan One-Sample T Test dengan taraf kepercayaan 95%. Diperoleh nilai Sig (probabilitas) lebih dari 0,05 yang bermakna tidak signifikan menunjukkan bahwa antara formula optimal mikroemulsi ekstrak kloroform daun sirsak sesuai dengan formula yang dimodelkan oleh software.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 01 Nov 2017 14:27
    Last Modified: 01 Nov 2017 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35856

    Actions (login required)

    View Item