Peran Copywriter dalam Pembuatan Content Media di CV.Kotakmedia Indonesia, Yogyakarta

Karina A, Anisa (2017) Peran Copywriter dalam Pembuatan Content Media di CV.Kotakmedia Indonesia, Yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (766Kb)

    Abstract

    ANISA KARINA A, D1314020, PERIKLANAN, PERAN COPYWRITER DALAM PEMBUATAN CONTENT MEDIA DI CV. KOTAKMEDIA INDONESIA, YOGYAKARTA, 2017. Iklan merupakan salah satu cara ampuh untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan suatu brand. Tujuan iklan ialah untuk menarik perhatian dan membujuk konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Copywriter ialah seorang yang bertugas membuat rangkaian kata-kata dengan menggunakan strategi kreatif. Tujuan copywriter ialah membuat agar konsumen terbujuk dengan produk yang diiklankan, pesan dalam iklan dapat tersampaikan, serta copywriter merupakan dapur dari periklanan yang mempunyai peran penting dalam menciptakan karya campaign iklan. Penulis melakukan praktek kerja sebagai copywriter dalam agency digital dan yang menjadi pilihan penulis adalah CV. Kotakmedia Indonesia sebagai tempat melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama dua setengah bulan. Dalam pelaksanaan KKM penulis membuat tagline untuk Atm Link, membuat headline untuk program yang di adakan BNI kartu kredit, membuat storyline untuk BNI Flexi dari cerita yang penulis buat hanya sampai proses sharing. Penulis juga ditugaskan membuat headline BRI Akusisi, BRI e-Banking, membuat headline dan body copy untuk BRI redeem poin, dan membuat headline dan konten untuk BRI Reksadana. Selain itu, penulis juga membuat konten sosial media untuk Festival Daur Ulang dan Kita Bercerita yang diadakan oleh Sanggar Fortune. Penulis juga membuat headline untuk seminar, membuat body copy untuk print Ad Toyota, membuat headline dan sub-headline TCM. Penulis juga membuat copy untuk JiwaSraya dalam memperingati Jumat Agung dan Nyepi, juga membuat caption untuk Lay’s rasa baru. Penulis dipercaya membuat editoring planning NourishSkin, membuat copy CTA program OCBC, membuat jingle dan tema untuk Pertamina. Selama menjalani KKM penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang copywriter dituntut untuk dapat mengeluarkan ide yang kreatif, memiliki wawasan yang luas, dan dapat berinovasi. Serta copywriter harus sering membaca dan mencari referensi untuk menemukan gaya bahasa yang baru untuk dipergunakan dalam iklan dan dalam pembuatan ide cerita pada iklan, ide tersebut tidak dapat langsung diterima oleh klien, tetapi akan mendapatkan revisi bekali-kali untuk dapat diterima oleh klien. Kata Kunci : Kuliah Kerja Media, Periklanan, Agency, Copywriter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 01 Nov 2017 14:17
    Last Modified: 01 Nov 2017 14:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35854

    Actions (login required)

    View Item