Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kebebasan Berorganisasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017)

Diah Y, Anggita (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kebebasan Berorganisasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (928Kb)

    Abstract

    Abstract: The purpose of this research is to improve understanding of freedom of association by using the method of active learning type of index card match in fifth grade students of Elementary School of V Popongan Karanganyar in the academic year 2016/2017. The form of this research was classroom action research, lasted for two cycle and each cycle consisting of four phases namely : planning, action, evaluation and reflection. Subject in this research were the teacher and the fifth grade of Popongan Karanganyar Elementary School, totaling 35 children. The data used is information from sources; the are teacher, students and observer. Data collection techniques used are observation, interview, test and documentation. To test the validity of the data, using content validity and triangulation (data triangulation and technique triangulation). Data analysis techniques used are interactive analysis (data colletion, data reduction, data display, verification). Based on the result, it can be conclude that the application of active learning method of index card match type can improve the understanding of the concept of freedom of association at the fifth grade of Popongan Karanganyar Elementary School students. In the initial condition before the action, prebend student completeness of 31,43%. After using the active learning method of index card match type in the first cycle students mastery increased to 68,57% and in the second cycle increased to 82,86%. Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep kebebasan berorganisasi menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match pada siswa kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Popongan Karanganyar yang berjumlah 35 anak. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru, siswa dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan pemahaman konsep kebebasan berorganisasi siswa kelas V SD Negeri Popongan Karanganyar. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, ketuntasan siswa pratindakan sebesar 31,43%. Setelah menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 68,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,86%. Kata Kunci : Pemahaman konsep, kebebasan berorganisasi, Index Card Match.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 01 Nov 2017 14:08
    Last Modified: 01 Nov 2017 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35852

    Actions (login required)

    View Item