Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemasaran PT. Citra Dewi Transport di Bandungan Kabupaten Semarang

Irfan D, Aditya (2017) Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pemasaran PT. Citra Dewi Transport di Bandungan Kabupaten Semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (659Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aditya Irfan D, C9413001, 2017. Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran PT. Citra Dewi Transport di Bandungan Kabupaten Semarang. Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penyusunan penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui macam-macam produk yang ditawarkan PT. Citra Dewi Transport, mengetahui cara memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan pemasaran di PT. Citra Dewi Transport, serta mengetahui berbagai kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk melalui media sosial dan solusi yang diterapkan untuk menghadapi kendala yang dihadapi Laporan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT. Citra Dewi Transport memiliki sebanyak 36 unit bus, terdiri dari 32 unit bus ukuran besar (big bus) berkapasitas maksimal 59 orang dan 4 unit mikrobus (medium bus) berkapasitas maksimal 32 orang. Fasilitas yang terdapat di dalam bus antara lain TV LCD dan Audio System, reclining seat, bantal, selimut, colokan listrik (Power Plug), dan free wifi. Strategi pemasaran yang diterapkan untuk memasarkan produk yaitu dengan menggunakan media sosial, di antaranya Facebook, Line, Instagram, Blackberry Messenger, dan WhatsApp. Dengan media sosial PT. Citra Dewi Transport bisa mempromosikan produknya secara langsung dengan masyarakat luas dan dapat menambah relasi ataupun mitra bisnis yang baru yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk PT. Citra Dewi Transport di antaranya akun media sosial PT. Citra Dewi Transport belum menggunakan sistem online, jaringan koneksi internet kurang stabil, dan belum tersedianya genset sebagai sumber energi listrik cadangan. Kesimpulan yang dapat diambil dari Tugas Akhir ini adalah media sosial berperan dalam memperluas jaringan pemasaran PT. Citra Dewi Transport dan menambah relasi bisnis yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi. Media sosial dapat membangun Brand Awarness bagi perusahaan, dapat mendekatkan hubungan antara calon konsumen dengan perusahaan, dan dapat melakukan riset pasar untuk mencari informasi target pasar maupun siapa saja yang menjadi kompetitor perusahaan. Kata kunci : media sosial, strategi pemasaran, PT. Citra Dewi Transport

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 01 Nov 2017 13:30
    Last Modified: 01 Nov 2017 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35843

    Actions (login required)

    View Item