PERAN COPYWRITER DALAM PEMBUATAN IKLAN PADA DIVISI DIGITAL PT FORTUNE INDONESIA

Astuti, Kartika Dewi (2017) PERAN COPYWRITER DALAM PEMBUATAN IKLAN PADA DIVISI DIGITAL PT FORTUNE INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1376Kb)

    Abstract

    KARTIKA DEWI A, D1314060, PERIKLANAN, PERAN COPYWRITER DALAM PEMBUATAN IKLAN PADA DIVISI DIGITAL PT FORTUNE INDONESIA, 2017. Tujuan iklan ialah untuk menarik perhatian dan membujuk konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Copywriter ialah seorang yang bertugas membuat rangkaian kata-kata dengan menggunakan strategi kreatif. Tujuan copywriter ialah membuat agar konsumen terbujuk dengan produk yang diiklankan, pesan dalam iklan dapat tersampaikan, serta copywriter merupakan dapur dari periklanan yang mempunyai peran penting dalam menciptakan karya campaign iklan. Penulis melakukan praktek kerja pada divisi kreatif yaitu copywriter dalam divisi digital dan yang menjadi pilihan penulis adalah PT Fortune Indonesia sebagai tempat melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) selama tiga bulan. Dalam pelaksanaan KKM penulis membuat tagline untuk Atm Link, membuat headline untuk program yang di adakan BNI kartu kredit, membuat storyline untuk BNI Flexi dari cerita yang penulis buat hanya sampai proses sharing. Penulis juga ditugaskan membuat headline BRI Akusisi, BRI e-Banking, membuat headline dan body copy untuk BRI redeem poin, dan membuat headline dan konten untuk BRI Reksadana. Selain itu, penulis juga membuat konten sosial media untuk Festival Daur Ulang dan Kita Bercerita yang diadakan oleh Sanggar Fortune. Penulis juga membuat headline untuk seminar, membuat body copy untuk print Ad Toyota, membuat headline dan sub-headline TCM. Penulis juga membuat copy untuk JiwaSraya dalam memperingati Jumat Agung dan Nyepi, juga membuat caption untuk Lay’s rasa baru. Penulis dipercaya membuat editoring planning NourishSkin, membuat copy CTA program OCBC, membuat jingle dan tema untuk Pertamina. Selama menjalani KKM penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang copywriter dituntut untuk dapat mengeluarkan ide yang kreatif, memiliki wawasan yang luas, dan dapat berinovasi. Serta copywriter harus sering membaca dan mencari referensi untuk menemukan gaya bahasa yang baru untuk dipergunakan dalam iklan dan dalam pembuatan ide cerita pada iklan, ide tersebut tidak dapat langsung diterima oleh klien, tetapi akan mendapatkan revisi bekali-kali untuk dapat diterima oleh klien. Kata Kunci : Kuliah Kerja Media, Periklanan, Agency, Copywriter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 31 Oct 2017 11:18
    Last Modified: 31 Oct 2017 11:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35841

    Actions (login required)

    View Item