PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI MIA 2SMA NEGERI COLOMADU KARANGANYAR

Fajriah, Isnaini (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI MIA 2SMA NEGERI COLOMADU KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (515Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian menggunakan model spiral menurut Kemmis& Mc. Taggart (Emzir,2013) dimana setiap siklus meliputi kegiatan: persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar yang berjumlah 34 peserta didik. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara,tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains mengalami peningkatan di tiap siklusnya. Rata-rata persentase keterampilan proses sains pratindakan 46,08%, siklus I50,71% (meningkat 4,63%), dan siklus II 61,94% (meningkat 11,23%).Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI MIA 2 SMA Negeri ColomaduKaranganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 31 Oct 2017 10:48
    Last Modified: 31 Oct 2017 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35836

    Actions (login required)

    View Item