INDEPENDENSI, KUALITAS PEKERJAAN AUDIT, DAN EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL : PERANAN DUKUNGAN MANAJEMEN (STUDI PADA INSPEKTORAT DI JAWA TENGAH)

Oktavia, Ika Rochmawati (2017) INDEPENDENSI, KUALITAS PEKERJAAN AUDIT, DAN EFEKTIVITAS AUDIT INTERNAL : PERANAN DUKUNGAN MANAJEMEN (STUDI PADA INSPEKTORAT DI JAWA TENGAH). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (799Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independensi terhadap efektivitas audit internal, pengaruh kualitas pekerjaan audit terhadap efektivitas audit internal, pengaruh dukungan manajemen terhadap hubungan antara independensi terhadap efektivitas audit internal, dan pengaruh dukungan manajemen terhadap hubungan antara kualitas pekerjaan audit terhadap efektivitas audit internal pada pemerintah daerah di Indonesia. Responden penelitian ini adalah Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di inspektorat se-Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang didistribusikan secara langsung maupun surat kepada 653 responden. Sebanyak 609 kuisioner kembali, namun hanya 592 kuisioner yang dapat diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa independensi berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal pemerintah daerah, kualitas pekerjaan audit berpengaruh positif terhadap efektivitas audit internal pemerintah daerah, dukungan manajemen memoderasi hubungan antara independensi dan efektivitas audit internal pemerintah daerah, dan dukungan manajemen memoderasi hubungan antara kualitas pekerjaan audit dan efektivitas audit internal pemerintah daerah. Auditor yang independen, akan menyajikan temuan yang sesuai dengan fakta yang ada sehingga audit yang dilakukan memberi nilai tambah bagi organisasi. Hasil audit yang berkualitas akan memberikan nilai tambah kepada auditan sehingga reformasi birokrasi untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang baik dan bersih dapat dicapai. Prediksi nilai negatif dalam moderasi mengindikasikan bahwa dukungan manajemen memperlemah hubungan antara independensi dengan efektivitas audit internal dan memperlemah hubungan antara kualitas pekerjaan audit dengan efektivitas audit internal. Hal ini disebabkan karena posisi inspektorat berada di bawah manajemen pemerintah daerah sehingga keputusan akhir hasil audit menjadi kewenangan manajemen puncak untuk memutuskannya. Kata kunci : dukungan manajemen, efektivitas audit internal, independensi, kualitas pekerjaan audit, pemerintah daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 31 Oct 2017 09:42
    Last Modified: 31 Oct 2017 09:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35827

    Actions (login required)

    View Item