PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH NORMAL BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGADIROJO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ANDRASARI, VENDI (2010) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SMASH NORMAL BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGADIROJO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (626Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. (2) Perbedaan pengaruh koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah terhadap kemampuan smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. berjumlah 103 siswa terbagi dalam enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sambagai ciri sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah. Sampel yang digunakan yaitu 20 siswa dengan kategori mata-tangan tinggi dan 20 siswa dengan kategori mata-tangan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Untuk mengukur koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis dan tes kemampuan smash normal bolavoli dari Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani (2003: 14-15). Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 X 2 dan uji lanjut Newman Keuls. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagi berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran konvensional dan inovatif terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 34.105 > Ft 4.11. (2) Ada perbedaan pengaruh antara koordiansi mata-tangan tinggi dan koordinasimata-tangan rendah terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Dari hasil analisis data menunjukkan Fo = 46.421 > Ft 4.11.(3) Ada interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap hasil belajar smash normal bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung = 5.158 > Ftabel = 4,11.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 14 Jul 2013 07:36
    Last Modified: 14 Jul 2013 07:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3582

    Actions (login required)

    View Item