Perencanaan Strategis Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam Mengembangkan Pasar Pucang Sawit sebagai Pasar Kreatif di Kota Surakarta

Ambarwati, Harum (2017) Perencanaan Strategis Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam Mengembangkan Pasar Pucang Sawit sebagai Pasar Kreatif di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (429Kb)

    Abstract

    Pasar Pucang Sawit adalah pasar revitalisasi yang dibangun tahun 2009 dan diresmikan tanggal 25 Februari 2011. Setelah dilakukan revitalisasi oleh Dinas Perdagangan, Pasar Pucang Sawit mengalami kondisi yang memprihatinkan yaitu ditinggal oleh para pedagang dikarenakan sepi dari pembeli. Agar revitalisasi pasar tidak sia-sia, maka Pasar Pucang Sawit resmi dijadikan sebagai salah satu Pasar Kreatif di Kota Surakarta dengan mengusung tema “Creative Space Cangwit” pada 21 November 2015. Seiring berjalannya waktu, Pasar Kreatif Cangwit pada akhirnya harus vakum karena berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi-strategi yang dihasilkan dalam Perencanaan Strategis Dinas Perdagangan Kota Surakarta dalam Mengembangkan Pasar Pucang Sawit sebagai Pasar Kreatif di Kota Surakarta. Teori yang digunakan adalah teori perencanaan strategis yang dikembangkan oleh Bryson. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Jenis metode penelitian kombinasi (mixed methods) yang digunakan adalah metode eksploratoris sekuensial, yakni pada tahap pertama peneliti mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif yang kemudian diikuti oleh pengumpulan dan analisis data kuantitatif pada tahap kedua yang didasarkan pada hasil-hasil tahap pertama. Bobot atau prioritas lebih cenderung pada tahap pertama, dan proses pencampuran (mixing) antar kedua metode ini terjadi ketika peneliti menghubungkan antara analisis data kualitatif dan pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dan tes Litmus menunjukkan bahwa ada dua isu yang sangat strategis yaitu mengoptimalkan kegiatan promosi Pasar Kreatif dan memperbanyak kreasi dan variasi dari segi produksi untuk penjualan di Pasar Kreatif Cangwit. Sedangkan isu yang kurang strategis adalah mengoptimalkan monitoring di Pasar Kreatif Cangwit dan mengoptimalkan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang kegiatan Pasar Kreatif. Program strategis yang direkomendasikan untuk isu yang sangat strategis adalah promosi lewat berbagai media, pemasangan baliho atau spanduk di area strategis dan mengadakan kegiatan sebagai wujud dari promosi, menggandeng pengrajin di Surakarta dan menggandeng kuliner-kuliner lain di kota Surakarta seperti kuliner tradisional bersanding dengan kuliner modern. Saran dari peneliti untuk isu yang kurang strategis adalah melakukan monitoring minimal satu bulan sekali untuk mengetahui kendala dalam kegiatan Pasar Kreatif Cangwit, dan melengkapi fasilitas, sarana dan prasana untuk segala kegiatan di Pasar Kreatif Cangwit, sehingga pengunjung puas dengan pelayanan yang disediakan. Kata kunci : Pengembangan, Perencanaan Strategis, Strategi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 31 Oct 2017 08:50
    Last Modified: 31 Oct 2017 08:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35818

    Actions (login required)

    View Item