Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta

MEILINDA, HEPHI (2017) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (799Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (141Kb)

      Abstract

      Hephi Meilinda.S831508067 2017. PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Tesis. Pembimbing: Dr. Baskoro Adi Prayitno, S.Pd., M.Pd. Kopembimbing: Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph. D. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik perangkat Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 5 Surakarta; mengetahui kelayakan perangkat Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 5 Surakarta; dan mengetahui keefektifan perangkat Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada materi lingkungan kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pelaksanaan penelitian dan pengembangan menurut Thiagarajan, Semmel, & Semmel (1974), terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define (pendefinisian); 2) Design (perencanaan); 3) Development (pengembangan); dan 4) Dissemination (penyebaran). Produk yang dihasilkan dalam penelitian adalah SSP berbasis PBL pada materi lingkungan kelas X KD 3.11. Desain yang digunakan dalam uji coba lapangan adalah posttest only control design. Desain uji coba lapangan menggunakan 32 siswa dengan diberi perlakuan SSP berbasis PBL. SSP berbasis PBL kemudian disebarkan ke guru Biologi untuk mendapatkan umpan balik. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Data hasil penelitian dihitung ketercapainnya di setiap aspek literasi lingkungan yaitu knowledge, attitude, concern dan diuji dengan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Karakteristik Subject Specific Pedagogy berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada silabus, modul, lembar kerja siswa (LKS), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), modul, dan soal evaluasi disisipkan aspek NEP (New Ecological Paradigm) meliputi limits to growth,anti anthropocentrism, balance of nature, anti-exemptionalism, dan eco-crisis. 2) Pengembangan SSP berbasis PBL yang meliputi RPP, modul, LKS dan evaluasi dengan model pengembangan 4D Thiagarajan telah melalui tahap validasi oleh ahli dan uji coba terbatas pada responden dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta. 3) Penggunaan SSP berbasis PBL dalam proses pembelajaran dikelas dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa, yang ditunjukkan dengan uji independent samples t test di kelas eksperimen dan kontrol adalah nilai –t hitung < -t tabel (-17,216<-1,996) dan signifikansi 0,000<0,05, menunjukkan adanya perbadaan penggunaan SSP berbasis PBLdan hasil uji menunjukkan perangkat SSP berbasis PBL dapat meningkatkan literasi lingkungan siswa. Kata kunci: literasi lingkungan, subject specific pedagogy, problem based learning

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Q Science > Q Science (General)
      Divisions: Pascasarjana
      Pascasarjana > Magister
      Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 30 Oct 2017 14:52
      Last Modified: 30 Oct 2017 14:52
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35814

      Actions (login required)

      View Item