UPAYA PEMBUKTIAN MENGGUNAKAN KETERANGAN AHLI DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP TINDAK PIDANA MENGEDARKAN UANG PALSU (STUDI PUTUSAN NOMOR: 381/PID.B/2014/PN.JKT.TIM)

PUTRI, FLORENTINA ANINDYA HARVIANA (2017) UPAYA PEMBUKTIAN MENGGUNAKAN KETERANGAN AHLI DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP TINDAK PIDANA MENGEDARKAN UANG PALSU (STUDI PUTUSAN NOMOR: 381/PID.B/2014/PN.JKT.TIM). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1109Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (1109Kb)

      Abstract

      ABSTRAK FLORENTINA ANINDYA HARVIANA PUTRI. E0013187. 2017. UPAYA PEMBUKTIAN MENGGUNAAN KETERANGAN AHLI DAN PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP TINDAK PIDANA MENGEDARKAN UANG PALSU ( Studi Putusan Nomor: 381/Pid.B/2014/PN.JKT.TIM) Penelitian hukum ini mengkaji mengenai kesesuaian penggunaan keterangan ahli sebagai sarana pembuktian dengan KUHAP dan pertimbangan hakim atas keterangan ahli dalam memutus perkara tindak pidana mengedarkan uang palsu. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan studi dokumen untuk mengumpulkan bahan hukum dengan cara membaca Peraturan Perundang-Undangan, dokumen-dokumen resmi maupun literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik Analisis bahan hukum dilakukan menggunakan teknik analisis silogisme deduktif untuk menguraikan dan memecahkan permasalahan yaitu melalui pengajuan premis mayor kemudian pengajuan premis minor baru ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan keterangan ahli sebagai sarana pembuktian terhadap perkara tindak pidana mengedarkan uang palsu sudah sesuai dengan Pasal 1 angka 28, Pasal 186, Pasal 120 ayat (1) dan ayat (2), dan Pasal 179 ayat (1) dan ayat (2) KUHAP maka keterangan ahli yang diajukan oleh Penuntut Umum telah memenuhi syarat sebagai alat bukti yang sah sebagaimana disebutkan dalam Pasal 184 ayat (1) huruf b. Hakim tidak mempertimbangan keterangan ahli yang diajukan oleh Penuntut Umum tersebut, namun Hakim mempertimbangkan surat hasil pemeriksaan pusat Analisa dan Informasi uang Rupiah Bank Indonesia No. 16/5/DPU/GKPU/Div-3/Lab dalam memeriksa dan memutus perkara tindak pidana mengedarkan uang palsu dalam Putusan Nomor : 381/Pid.B/2014/PN.JKT.TIM. Kata Kunci : Pembuktian, Keterangan Ahli, Pertimbangan Hakim, Putusan, Tindak Pidana Megedarkan Uang Palsu

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: K Law > K Law (General)
      Divisions: Fakultas Hukum
      Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 30 Oct 2017 10:24
      Last Modified: 30 Oct 2017 10:24
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35804

      Actions (login required)

      View Item