MODEL PERSEDIAAN TERINTEGRASI PRODUSEN DAN PENGECER DENGAN KESALAHAN INSPEKSI, KENDALI WAKTU TUNGGU, DAN LEARNING IN PRODUCTION

Fauzi, Bagus Naufal (2017) MODEL PERSEDIAAN TERINTEGRASI PRODUSEN DAN PENGECER DENGAN KESALAHAN INSPEKSI, KENDALI WAKTU TUNGGU, DAN LEARNING IN PRODUCTION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (820Kb)

    Abstract

    Bagus Naufal Fauzi. 2017. MODEL PERSEDIAAN TERINTEGRASI PRODUSEN DAN PENGECER DENGAN KESALAHAN INSPEKSI, KENDALI WAKTU TUNGGU, DAN LEARNING IN PRODUCTION. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret. Persediaan dapat dikendalikan menggunakan model persediaan terintegrasi antara produsen dan pengecer. Model persediaan terintegrasi ini mempertimbangkan kesalahan inspeksi, kendali waktu tunggu, dan learning in production. Adanya barang cacat yang diproduksi produsen terdeteksi saat dilakukan inspeksi oleh pengecer, namun dimungkinkan terjadinya kesalahan inspeksi. Diasumsikan permintaan konsumen selama waktu tunggu berdistribusi normal. Waktu tunggu dapat dikendalikan dengan crashing cost. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peningkatan kecepatan produksi karena peningkatan kemampuan pekerja, biasa disebut learning in production. Tujuan penelitian ini adalah menurunkan model persediaan terintegrasi produsen dan pengecer, menentukan penyelesaian optimal dari model yang diperoleh, dan menerapkannya. Hasil penerapan menunjukkan bahwa banyak barang yang dikirimkan produsen semakin bertambah tiap siklus serta total biaya persediaan terintegrasi per tahun semakin berkurang. Selain itu, analisis sensitivitas pada beberapa biaya menunjukkan bahwa jika biaya transportasi, biaya penyimpanan produsen, dan biaya penyimpanan pengecer semakin besar maka total biaya persediaan terintegrasi semakin besar. Kata Kunci : model persediaan terintegrasi, kesalahan inspeksi, kendali waktu tunggu, learning in production.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 28 Oct 2017 19:33
    Last Modified: 28 Oct 2017 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35795

    Actions (login required)

    View Item