PEMBUATAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI “KEBAIKAN JAKA TINGKIR DENGAN PEMBAGIAN KARAKTER KI AGENG BANYU BIRU, SULTAN DEMAK, DAN KERBAU”

SASKYA L P, ARINTA (2017) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI “KEBAIKAN JAKA TINGKIR DENGAN PEMBAGIAN KARAKTER KI AGENG BANYU BIRU, SULTAN DEMAK, DAN KERBAU”. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Arinta Saskya Luthfi P 2017. Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi “Kebaikan Jaka Tingkir dengan Pembagian Karakter Ki Ageng Banyu Biru, Sultan Demak, dan Kerbau ”. Program Diploma III, Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Banyak dongeng Jawa Tengah yang terkenal di nusantara, salah satunya adalah cerita rakyat Joko Tingkir. Cerita ini sudah diceritakan secara turun temurun dan berkembang menjadi beberapa versi. Pesan moral dari dongeng cerita rakyat Joko Tingkir adalah kita berusaha menebus kesalahan kita dengan melakukan perbuatan baik dan terpuji. Dalam hidup ini sebaiknya kita bersedia saling memaafkan kesalahan orang lain. Karena dalam penyampaian cerita yang monoton dengan cara mendongeng atau lewat pentas tradisional hal ini kurang diminati sehingga pesan kurang mengena. Dengan perkembangan animasi khususnya 2D banyak cerita daerah, sejarah, legenda yang dibuat dalam bentuk animasi. Hal ini menjadi suri teladan, nilai pendidikan, nilai moral, nilai etika, dan masih banyak lagi hal-hal positif yang amat penting ditanamkan ke dalam jiwa anak semenjak usia dini tentang sejarah, cerita daerah, dan legenda yang semakin hari semakin menurun. Dalam hal ini animasi dapat dijadikan media untuk memperkenalkan budaya Indonesia pada masyakat Indonesia sendiri atau bahkan pada negara lain. Animasi merupakan media yang baik untuk memvisualisasikan kisah legenda, dalam animasi kita dapat menggambarkan kisah dan keadaan yang sebenarnya dengan bentuk karakter yang sesuai legenda tersebut. Film animasi 2 Dimensi ini berjudul “Kebaikan Jaka Tingkir dengan Pembagian Karakter Ki Ageng Banyu Biru, Sultan Demak, dan Kerbau dengan pembagian karakter Ki Ageng Banyu Biru, Sultan Demak dan Kerbau” dengan spesifikasi ekstensi .mp4,resolusi video 1280 x 720 dan frame rate-nya 24 frames per second. Film animasi ini dibuat menggunakan software Adobe Ilustrator dan Corel draw untuk membuat beberapa gambar vector. Software Anime Studio berfungsi untuk membuat animasinya. Software Adobe Audition berfungsi untuk merekam dan mengedit audio.Software Adobe Premier berfungsi untuk mengedit dan penggabungan seluruh komponen animasi. Dan Hasil Analisis ketertarikan remaja terhadap film Animasi 2D ini mencapai lebih dari 74,4% berdasarkan parameter pengujian yaitu jalan cerita, suara dubbing,proporsi tubuh karakter, ketepatan suara,emosi penonton dan perpaduan warna

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 28 Oct 2017 08:47
    Last Modified: 28 Oct 2017 08:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35779

    Actions (login required)

    View Item