PEMBUATAN APLIKASI HALO KIDS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN PROFESI BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

HAZMI, M (2017) PEMBUATAN APLIKASI HALO KIDS MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN PROFESI BAGI ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (678Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan sebagai media pembelajaran yang medah dan murah yang dapat digunakan untuk menambah edukasi bagi anak usia dini seperti pengetahuan mengenai pengenalan berbagai macam profesi. Media belajar berupa fisik pada saat ini dinilai cukup mahal, selain itu media belajar berupa fisik perlu pemahaman yang lebih untuk dapat memahami sesuatu yang dipelajari. Penelitian ini dikembangkan dengan metode SDLC (System Development Life Cycle). Penelitian ini termasuk jenis pengembangan teknologi augmented reality yang berisi tentang wawasan mengenai berbagai macam profesi, tanaman, alat musik, dan kebutuhanku. Objek yang diambil tentang karakter profesi, bentuk alat musik, bentuk tanaman, dan bentuk peralatan rumah tangga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai kelengkapan serta kelayakan aplikasi. Software engine yang kita gunakan adalah unity game engine. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi HALO KIDS berbentuk file .apk yang dijalankan pada ponsel pintar. Pengembangan aplikasi ini menggunakan software Unity 3D. Aplikasi HALO KIDS diharapkan mampu menciptakan gambaran visual berupa objek 3D terhadap macam-macam profesi sehingga dapat dijadikan sebagai media ajar maupun belajar yang interaktif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 22:01
    Last Modified: 27 Oct 2017 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35765

    Actions (login required)

    View Item