PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MERANCANG CAMPAIGN PRODUK DI MATARI AD

A, Lutfi (2017) PERAN ACCOUNT EXECUTIVE DALAM MERANCANG CAMPAIGN PRODUK DI MATARI AD. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (367Kb)

    Abstract

    Penulis berkesempatan mempelajari bagian Account Executive di Matari Ad yang berkaitan dengan bagaimana pentingnya berkomunikasi dengan tepat, marketing, presentasi, briefing, analisis, pengkoordinasian, dan yang berkaitan di dalam divisi tersebut. Account Executive sebagai representative, tugas utamanya adalah menjaga hubungan antara biro iklan dengan perusahaan klien. Namun hal ini tidak berarti ia sekedar sebagai perantara. Seorang AE harus mempelajari dan sepenuhnya memahami kebutuhan-kebutuhan kliennya, termasuk seluk beluk bisnis dan sektor industri di mana perusahaan yang menjadi kliennya itu berkecimpung. Tanggung jawab yang paling penting dari seorang account dalam proses periklanan adalah melakukan briefing meliputi deskripsi produk, analisis target audience, anggaran, memiliki time frame, terpenting strategi periklanan. Juga AE harus memiliki skill motivasi, berkomunikasi, berinovasi, organisasi/perencanaan, pemikiran dan evaluasi. Penulis melaksanakan KKM pada tanggal 6 Februari 2017 hingga 7 April 2017. KKM di laksanakan setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 08.30 WIB hingga 17.30 WIB berlangsung selama 9 jam kerja normal di Matari Ad. Selama dua bulan penulis melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tugas seorang AE, seperti menganalisis competitor review Formula tahun 2016, menyusun list ambassador untuk produk baru Dulux, menyusun brief feedback diantaranya untuk project Saori, Mayumi, Dulux Video Demo untuk team creative, menganalisis background untuk event Saori sesuai key issue yang sedang terjadi, juga follow up dan mengecek konten-konten dari creative ke AE begitu juga sebaliknya, dari creative ke AE, diantaranya untuk project Saori, dan Mayumi. Mengikuti tahapan brief awal, meeting brief agency untuk mencari ide kreatif, presentation with client, PPM agency, PPM client, final PPM agency, PPM client, shooting, offline edit, agency offline preview, client offline preview, online edit, agency preview online, client preview online, hinnga delivery. Penulis mengetahui bagaimana peran dan tugas dari setiap team dibutuhkan khususnya AE ketika bekerjasama dalam sebuah project campaign, tanggung jawab, saling berkomunikasi, terkoordinasi, terperinci ditekankan di setiap tahapan agar tercapainya kepercayaan dan kepuasan dari klien karena pelayanan agency yang maksimal. Saran untuk universitas menambah praktisi-praktisi periklanan sebagai tenaga pengajar untuk meng-uptade tertinggalnya konten yang diajarkan khususnya minat periklanan yang terus berkembang hingga saat ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 21:39
    Last Modified: 27 Oct 2017 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35757

    Actions (login required)

    View Item