PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR PERANCANGAN VISUAL BRANDING KABUPATEN BOYOLALI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

AYU ANITA, TRI (2006) PENGANTAR KARYA TUGAS AKHIR PERANCANGAN VISUAL BRANDING KABUPATEN BOYOLALI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (292Kb)

    Abstract

    Dengan mengacu kepada pelaksanaan Hukum Otonomi Daerah dan Undang-undangnya No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah , dengan mengingat aset yang dimiliki Kabupaten Boyolali, maka perlu diangkat kepermukaan yang selanjutnya untuk dikembangkan seluruh potensi yang ada, termasuk sumber dayanya, yang dapat menarik minat usaha yang nantinya menambah nilai positif dari masyarakat. Dengan demikian dapat meningkatkan kualitas dan derajat serta citra yang dimiliki dari Kabupaten Boyolali. Dalam pemikiran masyarakat luas seringkali setiap teringat Boyolali pasti tertuju pada penghasil susu sapinya. Padahal masih banyak potensi- potensi yang terdapat di daerah di wilayah Kabupaten Boyolali yang bisa diunggulkan. Hanya saja sampai saat ini masih banyak daerah-daerah tersebut yang belum begitu diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas. Berdasarkan riset penulis, ternyata masyarakat Boyolali sendiri pun masih banyak yang kurang mengetahui keadaan dan potensi-potensi yang terdapat didaerahnya sendiri. Penilaian masyarakat terhadap suatu daerah sangat ditentukan oleh adanya upaya-upaya untuk mempromosikan peluang-peluang investasi yang ada di daerah yang bersangkutan. Sehingga untuk meningkatkan positioning dari masyarakat terhadap Kabupaten Boyolali, serta pentingnya peningkatan citra Boyolali agar dikenal masyarakat luas, maka perlu adanya suatu upaya untuk memunculkan dan lebih mengenalkan daerahnnya sendiri maupun daerah berpotensi lainnya kepada masyarakat Boyolali sendiri dan masyarakat luar. Dengan potensi-potensi yang dimiliki seperti obyek wisata, keadaan alam, demografi, akan sangat mendukung untuk memajukan dan menambah daya tarik Boyolali. Untuk menambah daya tarik Boyolali kepada masyarakat luas, selain memunculkan potensi-potensi yang ada di tiap daerah, perlu adanya suatu media promosi yang praktis, dan efisien. Media tersebut berupa stationary (media penunjang administrasi), serta penataan dari perwajahan suatu kotanya. Disini perwajahan kota dinilai penting karena perwajahan suatu kota hendaknya bisa meninggalkan kesan dan pesan yang baik terhadap masyarakatnya maupun para pendatangnya dengan melihat bahwa Boyolali merupakan jalur/trans Jogja-Solo-Semarang (JOGLO SEMAR). Dengan harapan agar tertarik untuk lebih mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang keberadaan dari Boyolali. Sehingga dengan lebih mengenal dan mengetahui tentang keberadaan Boyolali akan meningkatkan posisi yang baik dibenak masyarakat luas. Maka pada kesempatan ini penulis mencoba untuk membuat perancangan Komunikasi Visual sebagai pendukung promosi guna mengangkat derajat dan citra Boyolali dengan membuat perencanaan stasionary dan perwajahan kotanya. Diharapkan dengan menggarap stasionary serta perwajahan kotanya, selain sebagai salah satu pendukung promosi juga sebagai media penyebar informasi yang cukup lengkap tentang potensi yang dimiliki Boyolali agar dimanfaatkan secara luas, untuk ditangkap sebagai peluang bisnis tidak saja bagi masyarakat Boyolali dan luar wilayah Boyolali, tetapi lebih diharapkan dapat diketahui oleh masyarakat Internasional sehingga dapat membantu pihak-pihak terkait yang membutuhkan gambaran tentang Boyolali.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:08
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3573

    Actions (login required)

    View Item