Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Menguatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X MIA SMA

Wulandari, Anik (2017) Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Menguatkan Literasi Lingkungan Siswa Kelas X MIA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (880Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan keefektifan perangkat Subjek Spesifik Pedagogi (SSP) berbasis Project Based Learning (PjBL) yang dikembangkan untuk menguatkan literasi lingkungan siswa kelas X MIA SMA. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan mengembangkan SSP berbasis PjBL. Desain penelitian yang digunakan adalah model 3-D termodifikasi dari 4-D oleh Thiagarajan & Stolovitch. Tahapan yang dilakukan meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Analisis data meliputi analisis kebutuhan, analisis data validasi perangkat SSP, uji coba terbatas, uji subjek penelitian dan analisis data literasi lingkungan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t tidak berpasangan dengan bantuan program SPSS 21. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, karakteristik perangkat SSP berbasis PjBL adalah terintegrasinya perangkat SSP dengan dimensi New Ecological Paradigm (NEP) dan model pembelajaran PjBL. Perangkat SSP yang dikembangkan adalah modul, RPP, LKS dan soal evaluasi. Kedua, hasil uji validasi oleh ahli pembelajaran, substansi, tata bahasa, desain, dan guru biologi pada perangkat SSP sebesar 94,04% (valid), 97,5% untuk LKS (valid), 91,54% untuk modul (valid) dan 98,75% untuk soal evaluasi (valid). Hasil uji coba terbatas modul sebesar 86,6% (valid) dan LKS sebesar 82,5% (valid). Hasil uji subjek penelitian modul sebesar 89,9% (valid) dan LKS 82,5% (valid). Berdasarkan hasil uji validasi, perangkat SSP berbasis PjBL dinyatakan valid dan layak untuk diterapkan dalam pembalajaran biologi. Ketiga, ada perbedaan yang signifikan pada literasi lingkungan siswa. Hasil uji non paired sample t-Test instrumen literasi lingkungan aspek knowledge, attitude dan concern memiliki taraf signifikansi lebih kecil dari α (sig. < 0,05) yang menandakan bahwa perangkat SSP berbasis PjBL yang dikembangkan efektif menguatkan literasi lingkungan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Oct 2017 20:51
    Last Modified: 27 Oct 2017 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35724

    Actions (login required)

    View Item