ANALISIS STRATEGI SISTEM 5 PILAR NETWORK MARKETING PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA

Hanaritantoro, Frida (2017) ANALISIS STRATEGI SISTEM 5 PILAR NETWORK MARKETING PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (972Kb)

    Abstract

    Penulisan ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana konsep sistem 5 Pilar Network Marketing pada PT. Melia Sehat Sejahtera. Kedua, bagaimana penerapan sistem 5 Pilar Network Marketing di PT. Melia Sehat Sejahtera menurut Hukum Positif dan Hukum Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris (socio-legal research) yang bersifat desktriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian hukum empiris ini meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung (berperan serta) dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 pilar PT. Melia Sehat Sejahtera meliputi Perusahaan, Produk, Marketing Plan, Transparansi, dan Team Leader & Support System. Pembahasan meliputi analisis strategi sistem pemasaran Network Marketing PT. Melia Sehat Sejahtera yang disebut 5 Pilar. Analisis terperinci mengenai seluk-beluk menghasilkan simpulan yang membuktikan bahwa sistem pemasaran yang tergolong Network Marketing atau Multi Level Marketing di perusahaan ini telah sesuai dengan hukum positif di Indonesia dan hukum Islam yang berlaku di Indonesia. Contoh analisis dari segi hukum positif yang dapat membuktikan simpulan penulis yaitu perusahaan yang menguasai kantor dengan alamat yang jelas dan memiliki produk yang nyata dengan harga dan standar mutu yang berlaku. Sedangkan dari segi hukum Islam dapat dibuktikan melalui tidak adanya unsur gharar, dharar, dzulm, riba, dan maysir pada konsep pemasaran tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 27 Oct 2017 20:34
    Last Modified: 27 Oct 2017 20:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35719

    Actions (login required)

    View Item