Analisis Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2011 - 2015

HABIBULLAH, FARIS NAUFAL GHANI (2017) Analisis Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2011 - 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (662Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (94Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desentralisasi Fiskal yang diukur dari Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan (yang terdiri dari Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil), terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia. Pertumbuhan Ekonomi diukur dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Regresi Linear Berganada. Sampel terdiri dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Data yang digunakan berasal dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) selama jangka waktu 2011 – 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan IPM, sedangkan dana bagi hasil tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan IPM.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 20:26
      Last Modified: 27 Oct 2017 20:26
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35716

      Actions (login required)

      View Item