MODAL SOSIAL DAN NILAI EKONOMINYA (STUDI PADA PEDAGANG KAKI LIMA TAMAN PANCASILA KABUPATEN KARANGANYAR)

K, Bima (2017) MODAL SOSIAL DAN NILAI EKONOMINYA (STUDI PADA PEDAGANG KAKI LIMA TAMAN PANCASILA KABUPATEN KARANGANYAR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1141Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana modal sosial yang ada di kalangan para Pedagang Kaki Lima (PKL) khususnya di Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penulisan Skripsi ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana penjelasan secara sistematis dan akurat terhadap objek yang menjadi pokok permasalahan. Fokus penelitian ini adalah melakukan pengamatan dan analisis terhadap perilaku, sikap, dan kegiatan sehari – hari Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan mengamati beberapa parameter dari Modal Sosial seperti kepercayaan (trust), norma (norms), jaringan (networks), serta timbal balik (reciprocity) yang terjadi diantara para pedagang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan Modal Sosial yang ada di kalangan Pedagang Kaki Lima (PKL) Taman Pancasila masih terjaga dengan baik. Beberapa parameter Modal Sosial seperti kepercayaan (trust) antara pedagang dengan pedagang, pembeli, serta pemerintah yang masih terbina dengan baik. Selain itu adanya rasa ewuh – pakewuh di kalangan para pedagang serta adanya peraturan dari pemerintah dan pihak paguyuban untuk menjaga lingkungan Taman Pancasila menunjukkan bahwa norma (norms) yang ada juga masih sangat terjaga. Adanya komunikasi yang baik dan intens antara pedagang dengan pembeli, pemerintah, serta antar sesama pedagang dan dibentuknya Paguyuban Taman Pancasila semakin memperkuat jaringan (networks) yang ada di kalangan para pedagang. Sehingga dengan terbinanya hubungan sosial para Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan pembeli dan pemerintah yang semakin baik tersebut dapat membantu memperlancar usaha para pedagang. Nilai ekonomi yang muncul dari adanya Modal Sosial di kalangan Pedagang Kaki Lima (PKL) Taman Pancasila bisa dilihat dari awal mula pedagang memutuskan untuk berjualan, memutuskan pemilihan lokasi berjualan, adanya hubungan timbal balik (reciprocity) antar pedagang, adanya kerjasama antar pedagang dalam memenuhi permintaan para pembeli, serta kerjasama dalam rangka untuk mempertahankan dan memperlancar usaha dagang yang mereka jalani saat ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 27 Oct 2017 20:26
    Last Modified: 27 Oct 2017 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35714

    Actions (login required)

    View Item