Tugas Strategic Planner Dalam Keefektifan Iklan Pada Perusahaan Red Communication Indonesia

DIANTI, ANGGI DEWINTA (2017) Tugas Strategic Planner Dalam Keefektifan Iklan Pada Perusahaan Red Communication Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1717Kb)

    Abstract

    Anggi Dewinta, D1314018, Periklanan, Tugas Strategic Planner Dalam Keefektifan Iklan Pada Perusahaan Red Communication Indonesia, 2017. Periklanan merupakan suatu tahapan dalam kegiatan pemasaran. Iklan sendiri sebagai kegiatan yang memusatkan perhatian pada sesuatu hal dan menyerukan informasi atau membuat audiens berpaling atau memperhatikan pesan. Sebuah iklan akan dikatakan efektif apabila perencanaan strategi yang diberikan dapat menyelesaikan seluruh masalah yang sedang dihadapi oleh klien dengan tepat. Dalam bidang periklanan, perencana akan membantu mengarahkan kegiatan sehingga dapat menghasilkan hasil sesuai yang diharapkan bahkan melebihi ekspektasi. Perencanaann periklanan menjadi pengarah dari tindakan yang akan dilakukan. Disini tugas seorang perencana periklanan atau strategic planner menjadi sangat penting untuk memperoleh keefektivitasan dalam kegiatan beriklan. Divisi yang penulis ambil adalah strategic planner. Tugasnya menjadi penting karena strategic planner sebagai ujung tombak dari proses pembuatan campaign dalam iklan. Beberapa tugasnya seperti menganalisis insight, mengidentifikasi tren pasar dan merancang strategi komunikasi pemasaran. Kegiatan strategic planner yang dilakukan di Red Communication Indonesia seperti menghitung engagement untuk mengetahui konten efektif yang akan digunakan dalam beriklan, melakukan riset mengenai kondisi pasar untuk mengetahui trend apa saja yang sedang terjadi dikalangan masyarakat dan lingkungan, serta menganalisis target audiens untuk menemukan insight mengenai produk. Pada intinya seorang strategic planner harus mampu menerjemahkan brief agar kedepannya mudah dikembangkan oleh tim kreatif dan harus jeli dalam melakukan riset. Semua kegiatan yang dilakukan strategic planner harus didukung dengan menggunakan riset dan penelitian. Untuk mengetahui keefektivitasan iklan melalui media digital salah satu faktor yang mendukung adalah engagement dimana hal ini dilakukan untuk social media audit guna mengetahui kesetaraan konten pada social media tersebut. Oleh karena itu dapat diperoleh kesimpulan bahwa pemilihan strategi yang tepat sangat penting untuk keberhasilan suatu campaign iklan, karena sebagus apapun ide kreatifnya jika pemilihan strateginya kurang tepat maka akan membuat ketidak sesuaiannya campaign yang dipilih dengan brand serta target audience. (Kata Kunci : kuliah kerja media, periklanan, strategic planner, engagement)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JC Political theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Oct 2017 20:27
    Last Modified: 27 Oct 2017 20:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35707

    Actions (login required)

    View Item