PENILAIAN KEPUASAN KONSUMEN PADA STRATEGI PEMASARAN PT. PENERBIT ERLANGGA (Studi pada Guru SMA yang Mengampu Mata Pelajaran Ujian Nasional di Surakarta)

Y, Benita (2017) PENILAIAN KEPUASAN KONSUMEN PADA STRATEGI PEMASARAN PT. PENERBIT ERLANGGA (Studi pada Guru SMA yang Mengampu Mata Pelajaran Ujian Nasional di Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1358Kb)

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang penilaian kepuasan konsumen atas strategi pemasaran PT. Penerbit Erlangga. Tujuan penelitian ini guna mengetahui penilaian guru-guru SMA atas strategi pemasaran pada produk buku panduan UN SMA Penerbit Erlangga. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang melibatkan 101 guru SMA di Surakarta yang mengampu mata pelajaran UN dengan menggunakan buku panduan yang diterbitkan Penerbit Erlangga. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan statistik deskriptif bertumpu pada mean, median dan mode. Hasil pengujian menunjukkan rata-rata para guru pengampu mata pelajaran UN merasakan cukup puas atas kualitas produk, harga yang rasionalis, promosi yang efektif, lokasi kantor yang terjangkau dan pelayanan yang ramah. Dari kajian modus diperoleh angka 4 mengindikasikan bahwa mayoritas responden menyatakan setuju atas pernyataan-pernyataan yang dimuat dalam kuisioner, tetapi terdapat satu aspek yang dinilai skala frekuensi modus nya 3 yaitu place yang artinya guru-guru kurang merasakan aspek pendistribusian yg diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka beberapa saran yang disampaikan kepada PT. Penerbit Erlangga yaitu perusahaan harus menjaga hubungan marketing yang baik untuk mempertahankan pelanggan potensial. Kemudian perusahaan harus lebih mengoptimalkan keempat aspek yaitu product, price, promotion dan sales force, sedangkan pada aspek place perlu usaha keras agar indikator yang ada didalam nya bisa dirasakan oleh konsumen. Kemudian dilihat dari niat untuk loyal konsumen menandakan mereka cukup setia atas produk PT. Penerbit Erlangga. Kunci : Penilaian, Strategi Pemasaran, Niat untuk Loyal.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 27 Oct 2017 20:14
    Last Modified: 27 Oct 2017 20:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35705

    Actions (login required)

    View Item