Pelaksanaan pemberian Kredit Usaha Rakyat (kur) pada Bank Rakyat Indonesia unit Kuwarasan cabang Gombong

Wardhani , Nurul (2010) Pelaksanaan pemberian Kredit Usaha Rakyat (kur) pada Bank Rakyat Indonesia unit Kuwarasan cabang Gombong. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (423Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia Unit Kuwarasan Cabang Gombong dan permasalahan hukum yang timbul dalam pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat ini serta tindakan dari Bank Rakyat Indonesia Unit Kuwarasan Cabang Gombong dalam mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian empiris bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat pada BRI Unit Kuwarasan Cabang Gombong melalui beberapa tahapan yaitu tahap permohonan, tahap pemeriksaan atau analisis kredit, pemberian putusan, dan tahap akad kredit/ pencairan kredit. Permasalahan hukum yang timbul atas pemberian kredit usaha rakyat adalah adanya kredit bermasalah serta ketidakseimbangan hak dan kewajiban antara pihak debitur dengan kreditur. Upaya atau tindakan yang dilakukan BRI Unit Kuwarasan Cabang Gombong adalah penagihan secara terus menerus kepada debitur serta memperketat analisis kredit. Dalam hal kredit macet maka upaya yang dilakukan BRI Unit Kuwarasan Cabang Gombong adalah pengajuan klaim ke Askrindo sesuai dengan nota kesepahaman yang telah disepakati oleh Pemerintah, Perusahaan Penjamin, serta bank pelaksana karena kredit usaha rakyat ini merupakan program Pemerintah sebagai alternatif sumber pembiayaan UMKM untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. This study aims to description of proceduring provision business credit in Bank Rakyat Indonesia Unit Kuwarasan Branch Office Gombong and problem that rising in implementation of provisioning business credit and also how do they do to be solve this problem. This research represent the empirical research have the character of descriptive. Type of data used by primary and secondary data. Data collection techniques used throught interviews, and literature research. Analysis of data using qualitative data analysis with interactive models. Based on field research shows that the process of provisioning business credit is done through several steps: the loan application stage, the stage of the review and credit analysis, credit decision granting phase, and the withdrawal phase. Problem punish the arising out in the provisioning business credit is non performing loan and imbalances right and obligation between debitor and creditor. These obstacles can be solved by various way such as addiction continually to debitor and tightening the analysis. In the case of credit stuck hence effort conducted by Bank Rakyat Indonesia Unit Kuwarasan Branch Gombong is proffering claim to Askrindo as according to Memory Of Understanding which have been agreed on by Government, Guarantor Company and Bank because credit effort this people represent the Governmental Program alternatively the source of detrayal micro effort, small and middle.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username oyis
    Date Deposited: 25 Nov 2010 04:00
    Last Modified: 25 Nov 2010 04:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/357

    Actions (login required)

    View Item