ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECENDERUNGAN PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016)

Wardhani, Kurnianti (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KECENDERUNGAN PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1284Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecenderungan penerimaan opini audit going concern yang diberikan auditor independen terhadap laporan keuangan yang dibuat klien atau auditee. Beberapa faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, laba/rugi tahun berjalan dan reputasi auditor. Penelitian ini menggunakan sampel 40 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan menggunakan regresi logistik sebagai alat uji penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama profitabilitas dan laba/rugi tahun berjalan berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern, sedangkan ukuran perusahaan, likuiditas dan reputasi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Kata kunci : opini audit going concern, ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, laba/rugi tahun berjalan, reputasi auditor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 19:50
    Last Modified: 27 Oct 2017 19:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35686

    Actions (login required)

    View Item