Sistem Pelayanan Instalasi Sambungan Baru Dengan Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMPADU) di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten

FATURAHMAN, LINTANG (2017) Sistem Pelayanan Instalasi Sambungan Baru Dengan Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMPADU) di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (266Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (198Kb)

      Abstract

      ABSTRAK LINTANG FATURAHMAN, D1514061. “SISTEM PELAYANAN INSTALASI SAMBUNGAN BARU DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERPADU (SIMPADU)DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MERAPI KABUPATEN KLATEN ”. Laporan Tugas Akhir. Program Studi DIII Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017.61 Halaman. Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten adalah instansi dibawah Pemerintah Daerah yang bergerak dibidang jasa pelayanan air minum, dalam melayani permohonan instalasi sambungan baru kepada calon pelanggan telah menerapkan sistem informasi manajemen terpadu (SIMPADU) sejak tahun 2000.Dengan adanya Simpadu, pelayanan dapat ditingkatkan dengan efektif dan efisien dalam hal waktu pelayanan, kemudahan akan melayani masyarakat, dan pelayanan publik yang lebih baik. Tujuan pengamatan untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan instalasi sambungan baru dengan menggunakan SIMPADU di PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten.Jenis pengamatan yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan metode Observasi Berperan Aktif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan kajian dokumen dan arsip. Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa dalam menunjang pelyanan instalasi sambungan baru kepada calon pelanggan PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten menggunakan Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMPADU) yang lebih efektif dan efisien dalam melayani pelanggan.Komponen Sistem Informasi padaSIMPADU terdiri dari Sumber Daya Manusia, software, danhardware yang saling berkaitan sesuai dengan Pedoman Pelayanan Instalasi Sambungan Baru di Lingkungan PDAM Tirta Merapi Kabupaten Klaten.Dalam menyelenggarakan pelayanan menggunakan pola pelayanan terpadu satu pintu yang terdiri dari bagian Hubungan Pelanggan, Teknik Perencanaan, Distribusi, dan Keuangan. Tentunya dengan menggunakan simpadu, pelayanan instalasi sambungan baru lebih terstruktur, terorganisir dan tidak memakan waktu yang lama.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
      Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Manajemen Administrasi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 18:02
      Last Modified: 27 Oct 2017 18:02
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35667

      Actions (login required)

      View Item