Penentuan Interval Maintenance Mesin Pada Lini Produksi Pelumas Proses Filling Lithos PT. Pertamina Lubricants Production Unit Gresik Dengan Metode Simulasi Monte Carlo

Suryono, Maharani Angel Ein (2017) Penentuan Interval Maintenance Mesin Pada Lini Produksi Pelumas Proses Filling Lithos PT. Pertamina Lubricants Production Unit Gresik Dengan Metode Simulasi Monte Carlo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (384Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (382Kb)

      Abstract

      Pertumbuhan dunia industri di Indonesia yang cukup pesat mendorong pelaku industri untuk meningkatkan kemampuan produksinya. Salah satu sektor yang mengalami peningkatan permintaan adalah sektor pelumasan. PT. Pertamina Lubricants Production Unit Gresik sebagai salah satu perusahaan pelumas di Indonesia memiliki jam kerja yang padat guna memenuhi kebutuhan pasar. Kemampuan produksi dipengaruhi oleh beberapa sumber daya produksi salah satunya mesin. Karena performa mesin di PT. Pertamina Lubricant Production Unit Gresik memiliki nilai kenadalan yang rendah yaitu dibawah 85% maka dibutuhkan adanya kegiatan maintenance untuk meningkatkan serta menjaga kondisi keandalan mesin. Pada penelitian ini dilakukan suatu simulasi untuk menentukan interval maintenance agar mesin mencapai keandalan minimal 85% sesuai dengan standar dunia yang telah ditetapkan. Pada akhirnya, terdapat tiga altenatif pilihan kegiatan maintenance yang disarankan. Pertama, melakukan preventive maintenance dengan interval maintenance sesuai hasil simulasi. kedua, melakukan maintenance dengan interval maintenance selama 0,5 hari atau dua kali dalam sehari yaitu pada jam istirahat dan jam selesai kerja. Ketiga, melakukan corrective maintenance. Kriteria dalam membandingkan ketiga alternatif tersebut adalah keandalan yang dapat dicapai mesin serta biaya maintenance dan loss yang dikeluarkan perusahaan. Dengan hasil akhir yang terpilih adalah alternatif kedua yaitu melakukan preventive maintenance dengan interval maintenance selama 0,5 hari mampu meningkatkan dan menjaga keandalan ±85% dan pengeluaran biaya yang paling rendah diantara tiga alternatif yang disarankan.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      Divisions: Fakultas Teknik
      Fakultas Teknik > Teknik Industri
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 17:28
      Last Modified: 27 Oct 2017 17:28
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35664

      Actions (login required)

      View Item