Pengaruh Gender dan Kendali Keluarga dalam Dewan Komisaris Terhadap Risk Disclosure pada Perusahaan Nonkeuangan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO)

Andriyanto, Elisa Apriliani (2017) Pengaruh Gender dan Kendali Keluarga dalam Dewan Komisaris Terhadap Risk Disclosure pada Perusahaan Nonkeuangan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (807Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (88Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh gender dan kendali keluarga pada dewan komisaris terhadap Risk Disclosure. Risk Disclosure merupakan variabel dependen yang diukur menggunakan Risk Disclosure Index (RDI). RDI terdiri dari 34 item pengungkapan. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa prospektus dengan populasi seluruh perusahaan yang melakukan Penawaran Umum Perdana padatahun 2001-2016. Sampel Penelitian terdiri dari 174 perusahaan. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan teknik SPSS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa gender berpengaruh positif terhadap risk disclosure. Keluarga sebagai komisaris utama berpengaruh negatif terhadap risk disclosure. Sedangkan proporsi keluarga pada dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap risk disclosure. Kata kunci: risk disclosure, penawaran umum perdana, RDI, gender, kendali keluarga.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 16:35
      Last Modified: 27 Oct 2017 16:35
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35659

      Actions (login required)

      View Item