PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA PUTRA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET JATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Pratiwi, Dwi Indra (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA PUTRA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET JATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (800Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (16Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Dwi Indra Pratiwi. K8113022. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK KELOMPOK B TK WIDYA PUTRA DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET JATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi , Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B TK Widya Putra Dharma Persatuan Wanita (DWP) Universitas Sebelas Maret Jaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Widya Putra DWP Universitas Sebelas Maret Jaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan memiliki empat tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test unjuk kerja. Validasi data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan instrumen untuk data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data analisis deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, penelitian tersebut menunjukkan penggunaan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak yang masih rendah. Kedua, rata-rata nilai pada pratindakan sebesar 49.07, siklus I memiliki rata-rata nilai 69.44 dan pada siklus II meningkat menjadi 79.17. Ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan memiliki persentase 33.33% atau 6 anak, siklus I 50% atau 9 anak dan pada siklus II memiliki persentase ketuntasan 83.33 atau 15 anak. Ketiga,Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kosakata anak, artikulasi berbicara jelas dan struktur kalimat terdiri dari minimal S dan P. Kata kunci : show and tell, keterampilan berbicara, pendidikan anak usia dini.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 16:26
      Last Modified: 27 Oct 2017 16:26
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35657

      Actions (login required)

      View Item