PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Sulistyawati, Monika Desy (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (211Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (96Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas X dan XI administrasi perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2016 / 2017; 2) mengetahui pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar siswa kelas X dan XI administrasi perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2016 / 2017; 3) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan konsep diri terhadap motivasi belajar siswa kelas X dan XI administrasi perkantoran SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2016 / 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas X dan XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 143 siswa. Sampel diambil dengan teknik Sampling Insidental sejumlah 104 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier ganda dengan bantuan program SPPS 22.0. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar dengan rhitung > rtabel (0,345 > 0,104), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis terbukti; 2) terdapat pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar dengan rhitung > rtabel (0,487 > 0,104), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis terbukti; 3) terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan konsep diri terhadap motivasi belajar dengan F hitung > F tabel (18,430 > 3,085), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka hipotesis terbukti.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 14:25
      Last Modified: 27 Oct 2017 14:25
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35644

      Actions (login required)

      View Item