KONSEP CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PEMBUATAN KERIPIK KULIT LELE DI UKM “ALANG ALANG TUMBUH SUBUR” TERAS, BOYOLALI

Retnaningtyas, Sekar Maharani (2017) KONSEP CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB) PEMBUATAN KERIPIK KULIT LELE DI UKM “ALANG ALANG TUMBUH SUBUR” TERAS, BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (579Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (108Kb)

      Abstract

      Keripik kulit ikan lele merupakan camilan yang terbuat dari kulit lele segar yang diproses dengan menambahkan bumbu rempah. Salah satu UKM yang memproduksi keripik kulit ikan lele adalah UKM “Alang Alang Tumbuh Subur”. Praktek Quality Control di UKM Alang-Alang Tumbuh Subur bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan keripik kulit ikan lele, mengevaluasi mutu pada proses pembuatan keripik kulit ikan lele dan merancang konsep CPPB yang dapat diterapkan pada pembuatan keripik kulit ikan lele. Metode yang dilakukan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Tahap pembuatan keripik kulit lele meliputi persiapan bahan, penyiangan lele, pencucian kulit, pemotongan kulit menjadi lebih kecil, perendaman bumbu, pelumuran tepung pada kulit, penggorengan, penirisan dan pengemasan. Berdasarkan hasil analisis yang dibandingkan dengan syarat mutu SNI 7687.1.2013 tentang keripik belut, hasil yang sesuai dengan SNI 7687.1.2013 tentang keripik belut yaitu, kadar air 4,53 %, kadar protein 21,47 %, kadar asam lemak bebas 0,68 %, angka lempeng total 2,7x103 kol/g dan yang tidak sesuai dengan SNI 7687.1.2013 tentang keripik belut adalah kadar abu 0,56 %. Dari hasil evaluasi mutu di UKM “Alang Alang Tumbuh Subur” masih terdapat beberapa hal yang belum sesuai dengan konsep CPPB. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam hal lokasi dan lingkungan produksi, bangunan dan fasilitas, kesehatan dan higiene karyawan, penyimpanan bahan baku dan bahan jadi, pengendalian proses, pelabelan pangan, dan pencatatan dan dokumentasi.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
      S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
      Divisions: Fakultas Pertanian
      Fakultas Pertanian > D3 - Teknologi Hasil Pertanian
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 27 Oct 2017 13:58
      Last Modified: 27 Oct 2017 13:58
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35639

      Actions (login required)

      View Item