PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DAN RASA INGIN TAHU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION PADA SISWA KELAS XI SMA

Annisa, Khoirul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DAN RASA INGIN TAHU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE DEMONSTRATION PADA SISWA KELAS XI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (700Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan memprediksi dan rasa ingin tahu melalui penerapan model pembelajaran interactive demonstration pada siswa kelas XI yang meliputi 32 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu model PTK Kemmis dan Mc Taggart (2005). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran interactive demonstration yang terdiri dari sintaks observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi . Data utama penelitian meliputi kemampuan memprediksi dan rasa ingin tahu, sedangkan data pendukung berupa hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Tes meliputi tes uraian dan tes pilihan ganda, sedangkan non tes meliputi metode observasi, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi data. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Pra-Siklus menunjukkan bahwa kemampuan memprediksi siswa sebesar 32,18%, sedangkan rasa ingin tahu siswa sebesar 56,09%. Indikator keberhasilan tindakan adalah terjadi peningkatan kemampuan memprediksi dan rasa ingin tahu siswa minimal sebesar 20% di Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memprediksi siswa meningkat 66,41% dan rasa ingin tahu siswa meningkat 29,15% Siklus II. Simpulan penelitian, yaitu: 1) terjadi peningkatan kemampuan memprediksi siswa dari Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II sebesar 66,41% melalui penerapan model pembelajaran interactive demonstration; 2) terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa sebesar 29,15% dari Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II melalui penerapan model pembelajaran interactive demonstration. Kata kunci: kemampuan memprediksi, rasa ingin tahu, model pembelajaran interactive demonstration

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:50
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35621

    Actions (login required)

    View Item