PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM KONSEP BUSINESS TO BUSINESS UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS BUYER PADA PT. DANAR HADI EXPORT DIVISION.

FAUZI, AHMAD (2017) PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM KONSEP BUSINESS TO BUSINESS UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS BUYER PADA PT. DANAR HADI EXPORT DIVISION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (405Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM KONSEP BUSINESS TO BUSINESS UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS BUYER PADA PT. DANAR HADI EXPORT DIVISION. AHMAD FAUZI F3214002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari penerapan strategi relationship marketing dalam sistem business to business yang diterapkan oleh PT. Batik Danar Hadi Export Division. Relationship marketing yang diterapkan bertujuan untuk membina hubungan yang lebih dekat antara perusahaan dengan buyer terlebih dalam konsep business to business dimana interaksi yang dilakukan secara dua arah sehingga tidak perlu menunggu salah satu pihak untuk memulai. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi pustaka, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat gambaran secara sistematis dan faktual mengenai penerapan relationship marketing yang dilaksanakan oleh PT. Danar Hadi Export Division. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT. Danar Hadi Export Division, dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan telah menerapkan strategi relationship marketing dalam konsep business to business dengan baik. Strategi ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang telah ada dan tentunya untuk menekan biaya promosi. Kata kunci :Relationship Marketing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:43
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35615

    Actions (login required)

    View Item