UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PBL) BAGI SISWA KELAS X-B SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

, Kartini (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MELALUI PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PBL) BAGI SISWA KELAS X-B SMK WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (820Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik peserta didik kelas X-B SMK Warga Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sasaran perubahan adalah hasil belajar peserta didik, sedangkan variabel tindakannya adalah penggunaan Project Based Learning. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-B SMK Warga Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru, observer dan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, pemberian tugas, dan wawancara. Validasi data menggunakan validitas isi, lembar amatan dan pemberian tugas dengan menggunakan teknik expert judgement. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I ketercapaian persentase hasil belajar peserta didik sebesar 62.16%. pada siklus II ketercapaian persentase hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 86.48%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning, Gambar Teknik, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:20
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35601

    Actions (login required)

    View Item