Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

M I, AGUSTIN (2017) Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1475Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agustin Merdekawati Indramastuti. K3113002. TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik kelas X SMA N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik dengan skor prokrastinasi akademik skor tertinggi yaitu 81 sedangkan skor terendah 63. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket prokratinasi akadenik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik dan analisis klinis. Analisis statistik menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa nilai statistic uji Z -2,188 dan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) skor signifikan 0,029 < 0,05 artinya ada perbedaan skor posttest yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut didukung oleh hasil analis klinis yang menunjukkan bahwa terdapat perubahan perilaku peserta didik dengan dingan diberikannya pelatihan teknik cognitive restructuring. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknik cognitive restructuring efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas X SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Peserta didik dapat mengelola waktu dalam mengerjakan tugas akademik dan tugas dari guru dapat dikumpulkan tepat waktu, sehingga keberhasilan studi dapat dicapai secara optimal. Kata kunci: cognitive restructuring, prokrastinasi akademik, peserta didik SMA ABSTRACT Agustin Merdekawati Indramastuti. K3113002. COGNITIVE RESTRUCTURING TECHNIQUE FOR REDUCING ACADEMIC PROCRASTINATING TO STUDENTS CLASS X SMA N 2 SUKOHARJO 2016/2017.Thesis.Faculty of Teachers Training and Education. SebelasMaret University. July 2017. The aim of this research was to examine effectiveness of cognitive restructuring technique for reducing academic procrastinating to students class X SMA N 2 Sukoharjo 2016/2017. This research was for experiment quasi experimental design metode with pretest-posttest control group design. In this research, the subjects were 26 students with the highest procrastination academic scoreis 81 while the lowest score is 63. Research subject divided into two groups, experiment and control group. Collecting data technique was used for academic procrastination questioner that already tested the validity and reliability. Data analysis in this research was using statistic and clinical analysis. Statistic analysis was using Mann Whitney’s test. Based on hypothesis testing result, score of statistic test is Z -2,188 and Asymp.Sig.(2-tailed) Significant score 0,029 < 0,05 means there is a difference with significant posttest score between experiment and control group. It was supported by the result of clinical analysis which showed that there was behavior changes of students to giving technical training cognitive restructuring. The analysis result showed that technique of cognitive restructuring was effective to reducing academic procrastination to students class X in SMA N 2 Sukoharjo, 2016/2017. The students could managing time to did academic task and task from the teachers could submitted on time so that successes of academic can be achived optimally. Key words: cognitive restructuring, academic procrastination, senior highschool students.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:24
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35599

    Actions (login required)

    View Item