Hubungan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Operator Mesin Printing Di PT Hardo Soloplast Karanganyar

R, Karlitasari and UNSPECIFIED (2017) Hubungan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Operator Mesin Printing Di PT Hardo Soloplast Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (113Kb)

    Abstract

    Sangat penting untuk melakukan manajemen risiko pada suatu pekerjaan untuk menjamin tenaga kerja memperoleh perlindungan selama bekerja di tempat kerja, salah satunya dengan menyediakan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepatuhan pekerja dalam menggunakan alat pelindung diri dengan kejadian kecelakaan kerja. Metode : Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dengan menggunakan lembar kuesioner dan observasi untuk mengetahui kepatuhan responden dalam penggunakaan alat pelindung diri serta wawancara untuk mengetahui kejadian kecelakaan kerja yang dialami oleh setiap responden. Kuesioner yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil : Sebanyak 14,8% operator mesin printing patuh dalam menggunakan APD dan 85,2% lainnya tidak patuh dalam menggunakan APD. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi square didapatkan nilai (p)=0,683 sehingga hasil tersebut tidak sesuai karena 0,683>0,05 atau nilai p>0,05. Hal ini berarti tidak adanya hubungan antara kepatuhan penggunaan APD dengan kejadiaan kecelakaan kerja pada operator mesin printing di PT Hardo Soloplast Karanganyar. Simpulan : Pengendalian yang dilakukan oleh PT Hardo Soloplast Karanganyar dengan pemberian APD tidak memberikan pengaruh yang maksimal dalam pencegahan kecelakaan kerja karena APD yang diwajibkan (masker, topi dan sepatu) tidak sesuai dengan potensi bahaya (tangan terjepit mesin) yang merupakan penyebab terbanyak terjadinya kecelakaan kerja berat di devisi printing PT Hardo Soloplast Karanganyar. Perlu dipikirkan bentuk pengendalian lain yang tepat/sesuai dengan potensi bahaya yang ada. Kata Kunci : Alat Pelindung Diri (APD), Kecelakaan Kerja 1. Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:16
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35598

    Actions (login required)

    View Item