STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI HIDROLISIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kartika, Elda Frediana Rety (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI HIDROLISIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1113Kb)

    Abstract

    Elda Frediana Rety Kartika. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SECARA ALGORITMIK DAN HEURISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI HIDROLISIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam (3) interaksi model pembelajaran Problem Solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data sebagai berikut: (1) dokumentasi nilai ulangan akhir semester ganjil kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017; (2) instrumen tes untuk mengukur prestasi aspek pengetahuan; (3) angket untuk mengukur prestasi aspek sikap dan kemampuan metakognisi; (4) observasi untuk mengukur prestasi aspek sikap dan keterampilan. Analisis data prestasi aspek pengetahuan menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan faktor 2× 2 dan frekuensi sel tak sama, sedangkan analisis data prestasi aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis H. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving secara algoritmik dan heuristik terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, tetapi tidak untuk aspek afektif dan ketrampilan (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek kognitif dan ketrampilan, sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Solving secara algoritmik dan heuristik dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek sikap, pengetahuan, maupun ketrampilan pada materi hidrolisis garam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:15
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35597

    Actions (login required)

    View Item