EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Astuti, Agustin Ari Puji (2017) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (843Kb)

    Abstract

    Agustin Ari Puji Astuti. K1313002. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah pembelajaran matematika yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang diberikan model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi motivasi ARCS atau model pembelajaran langsung pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang prisma dan limas, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, peseta didik dengan gaya belajar visual, auditori atau kinestetik pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang prisma dan limas, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memhasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori atau kinestetik, dan (4) pada masing-masing kategori gaya belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi motivasi ARCS atau siswa dengan model pembelajaran langsung pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang prisma dan limas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 6 kelas dengan total siswa 156. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 54 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai ulangan matematika, metode angket untuk data gaya belajar siswa, dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang prisma dan limas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Persyaratan analisis dalam penelitian ini adalah populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang mendapat model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi motivasi ARCS menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar ix kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun kinestetik, dan (4) pada masing-masing gaya belajar, siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi motivasi ARCS menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata kunci : Think Talk Write, gaya belajar, ARCS, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 27 Oct 2017 11:19
    Last Modified: 27 Oct 2017 11:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35596

    Actions (login required)

    View Item