KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kinerja Penerbitan Dokumen Kependudukan Tahun 2015)

Nugraheni, Romadhani Galih (2017) KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KARANGANYAR DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Kinerja Penerbitan Dokumen Kependudukan Tahun 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (552Kb)

      Abstract

      Romadhani Galih Nugraheni, D0110097, Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan (studi deskriptif kualitatif mengenai penerbitan dokumen kependudukan tahun 2015), Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017. Sebagai wujud tertip pelaksanaan administrasi kependudukan hal ini kaitannya dengan Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam proses penerbitan dokumen yang meliputi KTP,KK, Akta Kelahiran, Akta perkawinan, Akta cerai maka dalam setiap proses kinerjanya harus optimal dalam melayani masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam Pelaksanaan Administrasi Kependudukan. Dengan melihat dari indikator produktivitas, responsivitas, dan akuntabilitas. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi, telaah dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kinerja dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten karanganyar dalam pelaksanana administrasi kependudukan tahun 2015 sudah baik. Di lihat dari tiga indikator yaitu Indikator Produktivitas, Indikator Responsivitas, dan Indikator Akuntabilitas. Indikator Produktivitas menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program – program mengenai penerbitan dokumen sudah mencapai target lebih dari 80 % pada tahun 2015. Sedangkan Indikator Responsivitas menunjukan adanya sikap dari dinas menerima atau menanggapi sikap dari masyarakat dalam memberikan pendapat atau keluhan, dan yang terakhir di tunjukan adanya indikator akuntabilitas yaitu laporan pertanggungjawaban secara tertulis dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada Pusat maupun tingkat Provinsi setiap satu bulan maupun satu tahun.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
      Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 26 Oct 2017 17:02
      Last Modified: 26 Oct 2017 17:02
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35575

      Actions (login required)

      View Item