Evaluasi pemungutan PPN terhadap penerimaan kantor pelayanan pajak Kudus periode 2001-2002

Desy Puriastuti, Yustina (2003) Evaluasi pemungutan PPN terhadap penerimaan kantor pelayanan pajak Kudus periode 2001-2002. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    Kantor Pelayanan Pajak adalah suatu badan keuangan yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak. KPP Kudus berdiri tanggal 1 Januari 1968 dengan nama “ Kantor Inspeksi Pajak Kudus”, dan berlokasi di Jalan Diponegoro. Sejak tanggal 1 April 1989 diganti dengan nama “ Kantor Pelayanan Pajak”, setelah sempat beberapa kali mengalami perpindahan lokasi, mulai tanggal 12 September 1996 KPP Kudus menempati gedung baru di Jalan Nitisemito Kudus. Beberapa alasan didirikannya KPP Kudus : 1. Kudus merupakan daerah yang mempunyai potensi untuk berkembang, kota ini memiliki beragam industri besar maupun kecil yang dapat dijadikan obyek pajak. 2. Letak kota sangat strategis, berada diantara jalur perdagangan lintas Semarang, Pati, Blora dan Surabaya, yang merupakan jalur bisnis yang menguntungkan. 3. Dengan banyaknya industri (rokok dan makanan), membuat Kudus dapat disebut kota yang mempunyai potensi fiskal yang baik, karena terdapat faktor pendukungnya. 4. Dengan jumlah penduduk yang cukup besar, lowongan kerja terpenuhi, volume kerja meningkat akan mengakibatkan jumlah wajib pajak semakin meningkat. Berdasarkan SK Menkeu No. 276 /KMK/ tanggal 25 Maret 1989, KPP Kudus terpisah wewenangnya, dan mulai 1 April 1989, Kudus mempunyai wewenang baru sebagai berikut . 1. KPP Kudus membawahi Kudus dan Jepara. 2. KPP Pati membawahi Rembang dan Blora.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Ferdintania Wendi
    Date Deposited: 25 Jul 2013 16:09
    Last Modified: 25 Jul 2013 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3556

    Actions (login required)

    View Item