STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM TAX AMNESTY DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Sosialisasi Amnesti Pajak)

Iswaraputra, Irvan (2017) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM TAX AMNESTY DI KOTA YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Sosialisasi Amnesti Pajak). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (249Kb)

    Abstract

    Program Tax Amnesty dilatarbelakangi oleh tujuan pemerintah dalam meningkatkan restrukturisasi ekonomi melalui pengalihan harta serta, transparansi perpajakan, pelaksanaan program Tax Amnesty untuk pertama kalinya diterapkan di Indonesia dan hanya berlaku dalam tiga periode. Program amnesti pajak memiliki kebijakan yang tertera dalam UU No. 11 tahun 2016 tentang pengampunan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Humas Kanwil DJP DIY dalam mensosialisasikan program Tax Amnesty, metode dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam (indeepth interview), dan dokumentasi. Sedangkan, peneliti menggunakan teori oleh Hovland mengenai komponen strategi komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah model analisis interaktif, validitas data dan menggunakan teknik triangulasi sumber. Selain itu, peneliti menentukan sampel pada populasi Humas Kanwil DJP DIY dengan menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan sampel tersebut dengan mewawancarai lima informan dari Humas Kanwil DJP DIY serta melakukan re-check kepada dua informan lainnya untuk melakukan konfirmasi atas jawaban Humas Kanwil DJP DIY. Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat dalam mensosialisasikan program Tax Amnesty dilakukan dengan tahapan komponen strategi komunikasi. Strategi komunikasi tersebut dilakukan dengan tujuan mampu mengenal sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan dan peranan komunikator. Melalui seluruh tahapan strategi komunikasi tersebut, Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP DIY telah mengimplementasikan strategi komunikasi tersebut untuk meraih tujuan utama pelaksanaan program Tax Amnesty, yakni menjangkau seluruh masyarakat Yogyakarta untuk mau berpartisipasi dalam pelaksanaan Tax Amnesty. Kata Kunci : Tax Amnesty, Strategi Komunikasi, Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP DIY

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Oct 2017 13:43
    Last Modified: 26 Oct 2017 13:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35550

    Actions (login required)

    View Item