Peran dan Fungsi Public Relations Konsultan Dalam Membentuk Brand Image PT. Adhi Persada Properti Melalui Aktivitas Event Management

S, Irvan Fahrezy A (2017) Peran dan Fungsi Public Relations Konsultan Dalam Membentuk Brand Image PT. Adhi Persada Properti Melalui Aktivitas Event Management. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1064Kb)

    Abstract

    Abad XXI ditandai dengan era global yang di dalamnya terdapat kemajuan berbagai bidang di masyarakat, baik segi ekonomi, politik, budaya, teknologi, ilmu pengetahuan maupun industri, yang mengelompokan manusia dalam beberapa kelompok masyarakat. Tiap-tiap kelompok tersebut tentu mempunyai tujuan yang ingin mereka capai. Agar tidak terjadi benturan antara kelompok dalam mewujudkan tujuan mereka, diperlukanlah soft skill yang baik, yang salah satunya ditunjang dengan upaya seseorang dalam menyampaikan pesan dan menyakinkan orang lain terhadap pesan yang disampaikan. Pesan inilah yang menjadi dasar hubungan masyarakat atau dikenal juga dengan Public Relations (PR). Persaingan dalam dunia bisnis global kian meningkat, apalagi dalam dunia modern seperti ini. Seperti halnya dalam dunia kreatif yang semakin hari semakin banyak berkembang dan banyak diminati oleh para pengusaha-pengusaha muda untuk memulai usaha usahnya dalam dunia kreatif. Banyak diantaranya yang mampu bertahan dan bahkan tidak sedikit diantara mereka yang gagal dalam persainngan semakin ketat. Dalam persaingan saat ini memerlukan banyak faktor pendukung yang kuat agar mampu bertahan dalam dunia persaingan. Salah satunya yaitu perusahaan yang bergerak bidang Public Relations Konsultan. Persaingan media semakin menunjukan dinamika dan kompleksitas bisnis media. Perubahan gaya hidup dan pola pikir manusia sangat mempengaruhi di dukung dengan pesatnya kemajuan tekonologi dan informasi semakin menghadirkan perubahan yang besar terhadap kehidupan. Akses informasi yang cepat dan mudah tanpa melihat jarak, ruang dan waktu. Seiring dengan perkembangan tersebut perusahaan harus mampu dengan cepat mengimbangi agar tdak menjadi bagaian dari salah satu yang tidak mampu. Dalam era sekarang ini yang teknologi dan informasi yang semakin maju dan canggih ini, sudah semakin banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan PR. Berkembangnya persaingan dalam dunia bisnis maka perusahaan perusahaan berlomba-lomba meningkatkan citra atau membentuk citra mereka di masyarakat dengan cara menyelenggarakan sebuah kegiataan / event. Maka dengan adanya strategi – strategi dalam menyelenggarakan suatu spesial event menimbulkan kebutuhan perusahaan menggunakan jasa konsultan PR. Konsultan PR pun mulai beragam dan berkembang banyak di Indonesia dari Konsultan PR skala yang kecil, lokal, nasional ataupun internasional, asosasi atau perorarangan. Pendekatan yang dilakukakn oleh konsultan PR adalah Business to business (B2B). B2B merupakan hubungan antar perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, yaitu hubungan yang terjadi antara perusahaan konsultan PR dengan klien dimana perusahaan membutuhkan jasa PR. Tetapi tujuan dan maksusd yang ingin dicapai oleh masing – masing konsultan PR tersebut memiliki kesamaan yaitu, untuk membantu perusahaan dalam membentuk hingga memperbaiki citra perusahaannya. Ivy Ledbetter Lee merintis prinsip menciptakan suatu hubungan yang baik dengan pers sehingga Ivy Ledbetter Lee dinobatkan menjadi bapak Public Relations modern. Seiring dengan berkembangnya perusahaan konsultan PR, mengaharuskan mereka mampu menetapkan strategi-strategi yang dilakukan konsultan PR dapat bermacam-macam jenisnya. Mulai dari cara dan metode kinerja yang baik dan memiliki keunikan sehingga berbeda dengan konsultan lainnya, hingga program-program yang akan dilakukan untuk melayani klien dalam menjaga reputasi dan citra perusahaan yang ditangani. Maka dari itu, strategi setiap konsultan haruslah berbeda untuk menarik perhatiaan dan kepercayaan klien menggunakan jasa konsultan PR tersebut. Banyaknya jumlah konsultan PR di Indonesia khususnya di Jakarta, membuat perusahaan-perusahaan semakin gencar mencari konsultan PR untuk membantu dan menangani permasalahan yang dihadapi. PT Idea Kendilima Utama atau yang lebih dikenal dengan nama Kendilima Strategic Communications merupakan salah satu dari perusahaan konsultan PR yang memiliki strategi mampu membina hubungan, manajemen serta menyelesaikan permasalahan kliennya. Satu dari banyaknya kegiataan yang ditangani Kendilima Strategic Communications, Kendilima menghandle kegiataan dari PT Adhi Persada Property untuk membentuk citra dan menyakinkan kepada masyarakat bahwa Adhi Persada Property memang tepat untuk dijadikan alternatif tempat tinggal di daerah perkotaan. Kendilima melakukan perencanaan serta stratetegi untuk dapat mensukseskan kegiataan tersebut guna membentuk citra dari Adhi Persada Properti. Berdasarkan beberapa pemikiran diatas, ,maka penulis membuat laporan tugas akhir dengan judul, ”Peran dan Fungsi Public Relations Konsultan Dalam Membentuk Brand Image PT Adhi Persada Properti Melalui Aktivitas Event Management”. Diharpkan penulisan ini dapat memberikan informasi dalam membentuk citra Adhi Persada Properti oleh Kendilima Strategic Comunnications melalui aktivitas Event Management.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Oct 2017 13:39
    Last Modified: 26 Oct 2017 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35549

    Actions (login required)

    View Item