PERANCANGAN KEMASAN UMKM BAKPIA NATASYA DI WONOGIRI

HIDAYAT, IHSAN (2017) PERANCANGAN KEMASAN UMKM BAKPIA NATASYA DI WONOGIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (753Kb)

    Abstract

    UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada tahun 2014, terdapat sekitar 57,8 juta pelaku UMKM di Indonesia. Di 2017 serta beberapa tahun kedepan diperkirakan jumlah pelaku UMKM akan terus bertambah. UMKM mencakup berbagai bidang usaha mulai dari Bidang Pertanian, Bidang Fashion maupun Bidang Kuliner. Salah satu UMKM di Bidang Kuliner yang sedang berkembang saat ini adalah usaha Bakpia. Bakpia adalah salah satu makanan yang berasal dari Negeri China yang terbuat dari tepung terigu, minyak, gula, dan sebagainya yang diisi dengan berbagai macam jenis mulai dari kacang hijau sampai durian. Pada zaman dahulu sebenarnya bakpia sendiri memakai bahan dasar yang berasal dari daging babi. Dalam bahasa mandarin Bak sendiri berarti daging babi dan pia yang berarti kue, jadi secara harfiah bakpia adalah kue yang memiliki isi daging babi. Namun melalui perkembangan zaman, saat ini daging babi sudah jarang dipakai lagi dan diganti dengan berbagai macam isi yang halal. Bakpia sendiri saat ini juga dikenal sebagai salah satu makanan khas dari Yogyakarta, namun di Wonogiri juga ada beberapa UMKM yang memproduksi kue Bakpia ini. Salah satu UMKM di Wonogiri yang memproduksi Bakpia adalah UMKM dengan label ”Natasya” yang didirikan oleh Bapak Pariyo. Alasan beliau menggunakan label “Natasya” karena nama tersebut adalah nama cucu beliau. Bakpia “Natasya” ini tidak mengandung unsur babi, sehingga halal untuk dikonsumsi. UMKM “Natasya” ini cukup bagus dalam penjualannya, sudah merambah keseluruh wilayah di Wonogiri. Tetapi kemasan yang digunakan untuk mengemas produknya masih sangat sederhana, berupa plastik yang tidak memiliki visual grafis, sedangkan produk lain sudah ada yang menggunakan plastik ataupun aluminium foil namun dikemas lagi kedalam boks yang diberi visual grafis, dengan kemasan tersebut akan lebih menarik untuk konsumen dan bisa masuk kepasar yang lebih luas seperti mall atau toserba, sehingga bisa memperluas pasar produk tersebut. Melihat permasalahan di atas penulis bermaksud merancang kemasan bakpia yang diproduki UMKM “Natasya”, oleh sebab itu penulis mengangkat judul Peramcanagan Kemasan UMKM Bakpia “Natasya” Di Wonogiri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NE Print media
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Oct 2017 12:08
    Last Modified: 26 Oct 2017 12:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35533

    Actions (login required)

    View Item