Analisis Enterprise Resource Planning pendekatan Model DeLone and McLean dengan Dukungan Manajemen Puncak dan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderasi

Wijayanto, Heri (2017) Analisis Enterprise Resource Planning pendekatan Model DeLone and McLean dengan Dukungan Manajemen Puncak dan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (222Kb)

    Abstract

    Perguruan Tinggi mengalami perubahan secara global yaitu perubahan pada masyarakat informasi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengelolaan data digital dengan Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan solusi mengatasi persaingan global dengan mengintegrasikan semua aktifitas bisnis kedalam system tunggal melalui penggunaan share database. Implementasi ERP membutuhkan biaya yang tinggi, dengan tingkat kegagalan yang tinggi, sehingga dibutuhkan analisis kesuksesan ERP. DeLone and McLean information system success model digunakan untuk mengukur kesuksesaan ERP, dengan menggunakan 6 variable: system quality, information quality, service quality, use, user satisfaction, net benefit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi ERP pendekatan model DeLone and McLean, dengan menambahkan variable dukungan manajemen puncak dan budaya organisasi sebagai variable moderasi. Populasi penelitian ini adalah perguruan tinggi di Jawa Timur Indonesia dengan sample sebanyak 164 yang diambil dengan teknik pengambilan sample disproportionate stratified sampling, alat analisis dengan menggunakan Structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) system quality tidak berpengaruh pada use dan user satisfaction, 2) information quality berpengaruh pada use, dan tidak berpengaruh pada user satisfaction, 3) service quality berpengaruh pada use dan user satisfaction, 4) use berpengaruh pada net benefit, 5) user satisfaction berpengaruh pada net benefit, 6) dukungan manajemen puncak memoderasi pengaruh system quality pada use dan user satisfaction, 7) dukungan manajemen puncak memoderasi pengaruh information quality pada use dan user satisfaction, dan 8) budaya organisasi memoderasi pengaruh use dan user satisfaction pada net benefit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Oct 2017 11:38
    Last Modified: 26 Oct 2017 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35523

    Actions (login required)

    View Item