PERBEDAAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLEGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PRAHANTORO, PANGGAH (2010) PERBEDAAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLEGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (435Kb)

    Abstract

    Tujuan pemelitian adalah (1) Mengetahui perbedaan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar. (2) Mengetahui perbedaan antara motivasi belajar anak terhadap prestasi belajar siswa. (3) Mengetahui perbedaan antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar anak terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klego Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Komparasi (Causal- Comparative Design). Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klego Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proporsonal Random Sampling, dimana dalam populasi mempunyai karakteristik homogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan perbandingan 2 : 1, sehingga sampel yang dapat diambil sebanyak 80 siswa Data penelitian ini berupa hasil dari angket penelitian, untuk variabel tingkat pendidikan orang tua, dan variabel motivasi belajar. Data penelitian untuk variabel prestasi belajar siswa berupa hasil belajar siswa dalam satu semester khususnya mata pelajaran sosiologi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dengan metode Chi Kuadrat, untuk menguji data bersifat normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan metode Chi Kuadrat untuk menguji perbedaan antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dimana χ 2 hit = 3,123 dan χ 2 tab = 12,592 dengan d.b (4-1)(3-1)= 6 serta p = 0,05. Sehingga p > 0,05 Ho : thit < ttab dan Ho diterima. 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar anak terhadap prestasi belajar siswa, dimana χ 2 hit = 7,084 dan χ 2 tab = 9,488 dengan d.b (3-1)(3-1)= 4 serta p = 0,05. Sehingga p > 0,05 Ho : thit < ttab dan Ho diterima. 3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar anak terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klego Tahun Pelajaran 2009/2010, dimana χ 2 hit = 16,424 dan χ 2 tab = 21,026 dengan d.b (4-1)(3-1)(3-1)= 12 serta p = 0,05. Sehingga p > 0,05 Ho : thit < ttab dan Ho diterima.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 03:10
    Last Modified: 14 Jul 2013 03:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3552

    Actions (login required)

    View Item