Pengaruh Penggunaan Sludge Biogas Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Produksi Biji Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench)

Kristanto, Bayu (2017) Pengaruh Penggunaan Sludge Biogas Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Produksi Biji Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (94Kb)

    Abstract

    PENGARUH PENGGUNAAN SLUDGE BIOGAS DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKSI BIJI TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor (L) Moench) Kristanto, B., E. Handayanta dan Sudiyono Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Surakarta Email: bayukristanto12@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan sludge biogas terhadap produksi (bahan kering, bahan organik, protein kasar, lemak kasar dan serat kasar) biji tanaman sorgum. Penelitian ini menggunakan sebanyak 240 benih sorgum yang ditempatkan pada 4 petak perlakuan, yaitu P0 kontrol (0 ton/ha), P1 (5 ton/ha), P2 (10 ton/ha), P3 (15 ton/ha). Setiap petak perlakuan terdiri dari 6 ulangan yang masing-masing terdiri dari 5 benih sorgum. Sorgum dipelihara selama 4 bulan dan pupuk perlakuan diberikan pada saat pengolahan tanah. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain rancangan acak lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis variansi untuk mengetahui adanya pengaruh perlakuan terhadap peubah yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sludge biogas sampai dosis 15 ton/ha tidak berpengaruh nyata terhadap produksi biji tanaman sorgum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sludge biogas sampai dosis 15 ton/ha belum mampu meningkatkan produksi bahan kering, bahan organik, protein kasar, lemak kasar dan serat kasar biji tanaman sorgum. Kata kunci: sorgum, biji sorgum, sludge biogas, produksi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 26 Oct 2017 10:51
    Last Modified: 26 Oct 2017 10:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35513

    Actions (login required)

    View Item